31 Personel Brimob Ditugaskan Kawal Kontingen NTT di PON XX Papua

31 Personel Brimob Ditugaskan Kawal Kontingen NTT di PON XX Papua
Upacara pengiriman personel Brimob Polda NTT ke PON XX Papua. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 16 September 2021 09:21 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Sebanyak 31 personel Brimob Polda NTT diberangkatkan ke Papua. Mereka mendapat tugas mengawal kontingen NTT pada PON XX yang digelar di provinsi itu.

Personel Brimob Polda NTT akan diberangkatkan dalam tiga tahap sesuai pengiriman kontingen. Tiap tahap beranggotakan sekitar 10 personil.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menjelaskan, pengiriman personel Brimob ini merupakan perintah Kapolri kepada seluruh Polda. Mereka diinstruksikan untuk mengamankan kontingen masing-masing pada PON XX Papua.

"Pengamanan ini dilakukan dengan kemampuan, profesionalisme, dan secara humanis, dan kita tekan zero insiden. Apa pun itu yang ada, baik itu atlet, kontingen, dan juga personel itu sendiri," katanya, Kamis (16/9).

Menurut Lothairia Latif, pihaknya akan mengamankan kontingen NTT dengan profesional. "Tidak boleh ada kesalahan sedikit pun. Penugasan yang sifatnya nasional seperti ini harus melalui persiapan yang benar, karena kita tidak bisa prediksi tapi kita bisa antisipasi," jelas Lotharia Latif.

Ia menyebut, pengiriman personel Brimob ini bukan karena kerawanan. Namun terlebih untuk pengamanan event nasional di Papua yang cukup jauh. Sesuai amanat, pengamanan internal kontingen provinsi diserahkan ke Polda masing-masing.

"Personel yang kita berangkat berjumlah 31 orang setingkat peleton, dan di sana tinggal kita menyesuaikan karena di sana juga sudah ada pasukan yang disiapkan oleh Polda Papua. Konsen kita adalah bagaimana atlet kita aman," ujar Lotharia Latif.

Personel yang ditugaskan mengamankan kontingen NTT pada PON XX Papua telah mengikuti pelatihan selama satu bulan. Latihan yang dijalani terdiri dari terori dan praktik.

"Kita memang harus seperti itu, tidak boleh over confidence dan ingat semuanya kita harus lakukan dengan profesional," tutup Lotharia Latif. (mdk/yan)

Baca juga:
BNPB Siapkan 2 Juta Masker di Empat Arena PON XX Papua
Pemprov DKI Siapkan Anggaran Hingga Rp140 M Untuk Atlet Peraih Medali di PON Papua
Seluruh Kontingen di PON Papua Bakal Karantina Selama Lima Hari
BNPT Waspadai Aksi Teror KKB di PON Papua: Kita Tidak Ingin Dipermalukan
BNPB Beri Dukungan Asistensi Protokol Kesehatan untuk PON XX Papua
Lepas Kontingen ke PON Papua, Anies Harap DKI Jakarta Juara Umum
Ada PON XX, Menteri Teten Harap UMKM Papua Bisa Turut Unjuk Gigi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami