322 Kepala Keluarga Mengungsi Dampak Kerusuhan di Penajam Paser Utara

PERISTIWA | 18 Oktober 2019 18:23 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Para pengungsi diperkirakan bertambah dampak demonstrasi berujung kerusuhan di sekitar pelabuhan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Rabu (16/10) lalu. Para pengungsi memerlukan logistik setelah rumah mereka dibakar massa.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Penajam Paser Utara mencatat bangunan di tiga RT rusak dibakar massa. Salah satunya 90 rumah yang dihuni 108 Kepala Keluarga (KK) dan satu bangunan madrasah di RT 06, yang hangus terbakar.

Sementara di RT 07, ada 55 rumah dihuni 85 KK terbakar. Sedangkan di RT 8, ada 129 KK, 1 rumah dan 10 kios dan warung di pelabuhan. Total keseluruhan 158 bangunan terbakar. Di mana didominasi bangunan tinggal, dengan total pengungsi 322 KK.

"Hari ini, ada pengungsi baru masuk. Jadi, kami masih melakukan pembaharuan data dari data kemarin (322 KK)," kata Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan BPBD PPU Nurlaila, dikonfirmasi, Jumat (18/10).

Pos tanggap darurat telah didirikan di kantor Bupati PPU lama di Jalan Provinsi KM 1 Penajam untuk menangani pengungsi. Sedangkan pengungsi, ditempatkan di mess gedung kantor PKK kabupaten PPU, beserta posko kesehatan dibantu PMI PPU. Untuk logistik, ditempatkan di gudang BPBD PPU.

"Sebelumnya kan, selain ada yang di mess, warga mengungsi ke tempat keluarga mereka. Nah, kemungkinan 2-3 hari kedepan ini, setelah situasi benar-benar dinyatakan sangat aman, bisa terjadi penambahan pengungsi ke mess," ujar Nurlaila.

"Karena mereka (pengungsi) keluar dari rumah keluarga, untuk ke pengungsian, disebabkan perlu dukungan logistik dan lain-lain. Nanti mereka lapor ke posko. Seperti yang baru masuk hari ini," tambah Nurlaila.

Penanganan pengungsi, lanjut Nurlaila, di antaranya juga melibatkan antara lain Dinas Sosial perihal Dapur Umum, serta Dinas Kesehatan.

"Warga yang mengungsi terus dalam penanganan. Alhamdulillah, tidak ada yang sakit," pungkasnya.

Baca juga:
4 Orang Jadi Tersangka Penganiayaan Berujung Kerusuhan di Penajam Paser Utara
Bangunan Rusak Akibat Dibakar Pendemo di Penajam Mulai Diperbaiki
Situasi di Penajam Paser Utara Kembali Normal, Pengungsi Berangsur Pulang ke Rumah
158 Bangunan Hangus Pascademo Berujung Pembakaran di Penajam Paser Utara
Fakta-Fakta Kerusuhan di Penajam Paser Utara
Penajam Paser Utara Kondusif, 3 Polda Kirim 600 Brimob ke Kaltim
Kerusuhan di Penajam Paser Utara Tak Ganggu Proses Pemindahan Ibu Kota

(mdk/gil)