350 Nakes Jepara Terpapar Covid-19 Isolasi di Rumah, 20 Persen Sudah Sembuh

350 Nakes Jepara Terpapar Covid-19 Isolasi di Rumah, 20 Persen Sudah Sembuh
Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 21 Juni 2021 21:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - 350 tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Jepara yang terpapar covid-19 masih menjalani proses pemulihan kesehatan. Satgas penanganan covid-19 menyebut 20 persen nakes yang terpapar sudah sembuh.

"Ada sekitar 70 nakes sudah dinyatakan negatif. Mereka sembuh setelah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena tempat isolasi terpusat sudah penuh," kata Ketua Satgas Penanganan covid-19 Jepara, Muh Ali, Senin (21/6).

Mesti mereka terpapar, dia tetap mengizinkan nakes isolasi mandiri di rumah dengan persyaratan yang telah dianjurkan oleh WHO. Seperti melakukan perawatan secara mandiri di kamar, menghindari kontak fisik dengan anggota keluarganya dan wajib menjalani isolasi selama 14 hari.

"Boleh kalau karantina di rumah. Sebab, kapasitas ruang isolasi terpusatnya sudah penuh, sudah diisi 2.000 orang lebih, dan memenuhi syarat. Seperti punya kamar sendiri, menjauhi kontak fisik denga keluarganya, isolasi 14 hari dan rutin minum asupan vitamin, obat antibodi dan obat antivirus," jelasnya.

Sampai saat ini, nakes yang terpapar covid-19 tidak ada yang mengalami gejala berat. Namun
enam rumah sakit rujukan covid-19 kini kekurangan perawat sebanyak puluhan orang lantaran banyaknya nakes yang bertumbangan sejak sebulan terakhir.

"Di rumah sakit wilayah kita mengalami kekurangan nakes 80-100 orang. Semoga saja dengan adanya nakes yang mulai masuk kerja, kebutuhan rumah sakit bisa terpenuhi lagi," ungkapnya. (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami