38 Tenaga Kesehatan di RS Yogyakarta Positif Covid-19

38 Tenaga Kesehatan di RS Yogyakarta Positif Covid-19
Ruang Isolasi Corona. ©2020 Merdeka.com/klikdokter.com
PERISTIWA | 30 November 2020 06:02 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Sebanyak 38 tenaga kesehatan (nakes) di RS Yogyakarta dinyatakan positif virus Corona. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, 38 orang nakes ini diketahui jika 7 orang diantaranya adalah dokter. Selain itu 9 orang adalah mahasiswa koas dan sisanya adalah nakes.

Dia mengungkapkan, adanya temuan 38 nakes positif Corona ini berawal saat RS Yogyakarta melakukan tes swab untuk screening. Saat itu ada 228 nakes yang menangani pasien positif Corona di RS Yogyakarta yang diswab.

"Jadi RS Yogya, telah melakukan screening dengan melakukan tes swab kepada 228 nakes yang bekerja melayani pasien Covid-19. Hasilnya ada 22 nakes, 7 dokter dan 9 mahasiswa koas positif Covid-19," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

Dia menambahkan, tes swab bagi 228 nakes di RS Yogyakarta ini dilakukan seminggu yang lalu. Hasil dari tes swab ini keluar pada dua hari lalu dimana ada 38 nakes yang dinyatakan positif virus Corona.

Heroe menjelaskan, jika nakes yang dinyatakan positif Corona saat ini tengah menjalani isolasi mandiri. Isolasi mandiri ini dilakukan di shelter khusus RS Yogyakarta maupun di rumah pribadi nakes.

Dia mengatakan, pihaknya belum mengetahui darimana asal penularan virus Corona di nakes RS Yogyakarta tersebut. Pemkot Yogyakarta akan melakukan analisa dan screening pada kontak erat 38 nakes tersebut. Meski ada 38 nakes positif virus Corona, namun pelayanan di RS Yogyakarta tetap berjalan seperti umumnya.

"Tidak (ditutup). Sebab yang terkena adalah area Covid-19, dan masih ada dokter dan nakes lainnya yang masih bisa memberikan pelayanan kepada pasien. Sehingga semua poliklinik dan pelayanan di RS Yogya tetap jalan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Heroe. (mdk/fik)

Baca juga:
Doni Monardo Sesalkan Sikap Rizieq Syihab Menolak Dilakukan Tracing
VIDEO: Cegah Penyebaran Covid-19, Belajar Tatap Muka 2021 Wajib Patuh Prokes
Mahfud Minta Rizieq Syihab Kooperatif Penuhi Panggilan dan Keperluan Tracing
89,7 Persen Pasien Covid-19 di Bangka Tengah Sembuh
Cerita Sedih Penggali Kubur Jenazah Covid-19 di Padang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami