383 Kendaraan Dinas di Kabupaten Bogor Rusak Berat

PERISTIWA | 22 November 2019 12:45 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Sebanyak 383 kendaraan operasional yang tersebar di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor mengalami rusak berat. Wakil Bupati Iwan Setiawan pun mempertanyakan soal anggaran pemeliharaan, yang setiap tahun disiapkan lebih dari Rp 10 miliar.

Iwan mengungkapkan, jika kendaraan operasional dinas dipelihara dan dirawat dengan baik. Seharusnya, dia menjelaskan, tidak ada kendaraan rusak berat atau setidaknya tetap laik jalan.

"Makanya, saya minta nanti setiap SKPD melaporkan kendaraan-kendaraannya, berikut dengan siapa penanggungjawabnya sekaligus foto kendaraannya. Jangan-jangan itu uang pemeliharaan untuk mobil pribadi," katanya, Jumat (22/11).

Dari 4.212 unit, dia mengatakan, 383 di antaranya dalam kondisi rusak berat terdiri dari kendaraan roda dua 316 unit. Sementara roda tiga hanya satu unit, 57 unit roda empat dan 9 unit kendaraan operasional roda 6 rusak berat.

"Saya mau inventarisasi dulu. Rusaknya kenapa? Apa karena usia, atau jangan-jangan anggaran pemeliharaannya digunakan untuk mobil pribadi. Kan itu anggarannya besar bisa Rp10 miliar per tahun jika di kalkulasi," tutup Iwan.

Baca juga:
Ribuan Kendaraan Dinas di Garut Nunggak Pajak
Ribuan Kendaraan Dinas Milik Pemkab Pandeglang Nunggak Pajak Sejak 2017
Pemprov Sumsel Gandeng KPK Buru Ribuan Kendaraan Dinas yang 'Hilang'
Dikritik Soal Kendaraan Dinas Rp 1,9 Miliar, Bupati Pandeglang Pilih Mobil Pribadi
Menteri Jokowi jadi caleg dikhawatirkan pakai fasilitas negara
30 Persen Kendaraan Dinas Pemda Karawang menunggak Pajak

(mdk/fik)