4 Jurus Risma Agar Bansos Tepat Sasaran

4 Jurus Risma Agar Bansos Tepat Sasaran
Mensos Tri Rismaharini. ©ANTARA/HO-Humas Ditjen Linjamsos
NEWS | 8 September 2021 12:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengungkapkan, empat jurus menyalurkan bantuan sosial (bansos) agar tepat sasaran ke masyarakat. Penyaluran bansos menurut Risma bukan melulu soal pendataan. Tapi yang terpenting bagaimana bansos itu bisa diterima ke masyarakat tanpa dikurangi sedikit pun.

"Bantuan sosial bukan soal data semata, melainkan mengawal hingga sampai kepada penerima dan merupakan tugas yang tidak mudah, sebab banyak masyarakat yang tidak tahu program bantuan tersebut,” ujar Risma dalam keterangan tulis, Rabu (8/9).

Ada pun jurus-jurus tersebut adalah, pertama melakukan perbaikan sistem walaupun tidak semua masyarakat melek, sehingga perlu menerjunkan tim Kementerian Sosial (Kemensos) ke lapangan untuk mengetahui persis permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Perbaikan sistem itu berat tapi harus dilakukan untuk merubah ke arah yang lebih baik dimulai dari pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), meng-cleansing data ganda, memadankan data dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ” ujar Risma.

Namun, dalam upaya perbaikan data penerima bantuan perlu melibatkan peran aktif dari Pemerintah Daerah (Pemda), tetapi masih ada pemda yang tidak aktif dan peduli sehingga berdampak pada tidak akuratnya penerima bantuan di daerahnya.

Bahkan ada pemda tidak melakukan pembaruan data selama 10 tahun, maka tidak heran data di lapangan berbeda dengan data Dukcapil. Karena tidak ada informasi seperti pindah alamat dan domisili, meninggal dan lain sebagainya.

“Pernah suatu ketika saya diprotes masyarakat karena tidak menerima bantuan padahal sebelumnya menerima, setelah ditelusuri ternyata dia pindah alamat dan tidak menginformasikan pada ketua RT/RW setempat,” ungkapnya.

Baca juga:
DPR Ungkap Dugaan Penyebab Mandeknya Aliran Bansos dari Sejumlah Bank BUMN
Peserta Total Program Kartu Prakerja 2021 Sejauh ini Capai 4,3 Juta Orang
Bantuan Rp1,2 Juta untuk PKL hingga Warteg di Wilayah PPKM Level 3 dan 4 Segera Cair
Selain Warga, Pemkot Medan Salurkan Bantuan Usaha untuk UMKM
Mensos Pertanyakan Penyaluran PKH-BPNT Terhambat di Jateng
Pemerintah Bagikan Sembako untuk UMKM & Masyarakat Terdampak Covid-19

Baca Selanjutnya: Untuk pengawasan penyaluran bansos Kemensos...

Halaman

(mdk/rnd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami