4 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Rapak di Balikpapan Ditutup

4 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Rapak di Balikpapan Ditutup
PERISTIWA | 21 Juli 2020 15:50 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Pasar Rapak Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan, Kalimantan Timur terpaksa ditutup sementara usai empat pedagang terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (20/7) kemarin.

"Kegiatan pasar ditutup tiga hari mulai hari," kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (21/7).

Suseno menerangkan, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan melakukan sterilisasi Pasar Rapak, agar penularan virus SARS-CoV-2 tidak semakin meluas.

"Malam tadi, kami dari BPBD sebagai bagian dari Gugus Tugas, langsung melakukan penyemprotan disinfektan di areal Pasar Rapak," ujar Suseno.

"Tujuannya jelas ya, untuk memutus mata rantai penularan virus. Jadi, kami lakukan penyemprotan disinfektan dari jam 9 malam, dan selesai sekitar jam 11 malam," tambah Suseno.

Suseno juga membenarkan, penutupan dan sterilisasi pasar, sebagai imbas dari ditemukannya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari warga pasar Rapak.

"Iya benar. Ada empat pedagang kemarin positif. Jadi diputuskan untuk dengan cepat dilakukan sterilisasi, dan disinfeksi di pasar," urai Suseno.

Namun demikian, di tengah penutupan pasar, upaya memutus mata rantai penularan juga dilakukan dengan melakukan swab massal di Pasar Rapak. Selain swab massal, tim Gugus Tugas juga melakukan tracing kontak dengan keempat pedagang pasar Rapak itu. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami