4 Pembelaan Komandan Kopassus soal penyerangan Cebongan

4 Pembelaan Komandan Kopassus soal penyerangan Cebongan
Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 12 Juli 2013 07:04 Reporter : Mohamad Taufik

Merdeka.com - Sudah 3 pekan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman Yogyakarta masuk pengadilan Militer dengan terdakwa 12 anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sidang digelar di Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta.

Kasus itu menyita perhatian banyak orang. Sebagian orang mengutuk aksi itu karena bertentangan dengan hak asasi manusia. Misalnya kecaman dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) dan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

Namun demikian, sebagian orang lagi justru mendukung aksi para komando yang menyerang Lapas, lalu membunuh 4 narapidana narkoba itu. Misalnya beberapa spanduk dukungan yang bertebaran dari koalisi-koalisi masyarakat di Yogyakarta dan Solo.

Selain itu, dukungan juga datang dari komandan mereka sendiri. Berikut ini 4 pembelaan Komandan Kopassus terhadap 12 terdakwa penyerangan Lapas Cebongan.

Baca Selanjutnya: Penyerangan karena kekuatan Jiwa Korsa...

Halaman

(mdk/mtf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami