4 Ruang SD di Tasikmalaya Roboh Diguyur Hujan

4 Ruang SD di Tasikmalaya Roboh Diguyur Hujan
Sekolah ambruk di Banten. ©2014 Merdeka.com/dwi prasetya
NEWS | 26 September 2022 01:04 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Diduga akibat diguyur hujan deras dan kondisi bangunan sudah tak layak, empat ruangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sindang Rahayu, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (25/9) roboh. Tiga dari empat ruangan yang roboh biasa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) dan satunya ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Camat Jatiwaras, Enong Mawardi Yajid menjelaskan cuaca di wilayahnya kerap hujan deras beberapa hari terakhir. Menurutnya, selama ini bangunan SDN Sindang Rahayu memang tetap digunakan untuk KBM meski kondisi dinding temboknya sudah retak dan atapnya sering bocor.

"Sekolah tengah berupaya agar direnovasi di tahun 2022 tapi dengan kondisi itu secara tiba-tiba roboh disebabkan dari hujan yang terus turun sejak sore hingga malam hari dan beruntung tidak ada korban jiwa," jelas Enong kepada wartawan, Minggu (25/9).

Petugas dan warga, langsung melakukan upaya pembersihan puing-puing bangunan agar tidak mengganggu proses KBM.

"Besok sudah mulai melakukan upacara bendera, tapi kami juga tetap meminta agar kepala sekolah dan warga harus waspada karena curah hujan masih tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat memastikan peristiwa robohnya bangunan sekolah tidak menimbulkan korban jiwa. Namun walau begitu menurutnya warga harus tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Di beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya, disebutnya terjadi sejumlah bencana, seperti pergerakan tanah, longsor, hingga banjir.

"Di jalan Kecamatan Cikalong dengan kondisi jalan itu terbelah, banjir di Karangnunggal dan longsor di jalur Bantarkalong menuju arah Culamega. Namun, untuk sekarang bangunan sekolah roboh berada di empat ruangan salah satunya ruang UKS dan itu harus dibersihkan supaya tidak terjadi hal tak diinginkan kepada siswa," sebutnya.

Baca juga:
5 Fakta Minimarket Ambruk di Bandung, Sempat Ada Tanda-Tanda
Detik-detik Atap Masjid Bandara Hang Nadiem Roboh, Baru Diresmikan 2 Bulan
Lantai Ruko di Bogor Runtuh, Dua Konsultan Terluka
Marmer Tiang Gedung DPR Ambrol
Atap MIN 2 Banda Aceh Roboh Timpa Siswa Sedang Mengaji, 11 Orang Terluka
Bangunan SD di Majalengka Bertahun-tahun Rusak Parah, Sampai Dikeluhkan Siswa

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini