5 ABK Diduga Terjebak Bangkai Kapal yang Bertabrakan di Perairan Gresik

5 ABK Diduga Terjebak Bangkai Kapal yang Bertabrakan di Perairan Gresik
Ilustrasi Kapal Tenggelam. ©2015 Merdeka.com
PERISTIWA | 25 Januari 2021 15:30 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Pencarian lima (sebelumnya disebut 8) anak buah kapal (ABK) dari dua kapal yang bertabrakan di sekitar Karangjamuang, Perairan Gresik, Jawa Timur masih dilakukan. Kelima ABK itu pun diduga masih terjebak dalam bangkai kapal.

I Wayan Suyatna, Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya mengatakan, sebanyak delapan orang dari regu penyelamat dengan kemampuan menyelam dan membawa peralatan selam serta alat ekstrikasi under water melakukan upaya pencarian terhadap korban.

"Delapan penyelam dibagi menjadi tiga sorti akan melakukan pencarian di sekitar bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX" kata Suyatna, Senin (25/1).

Wayan menyebut, hal ini dilakukan untuk mencari korban yang diduga masih terjebak di dalam kapal yang terbalik di perairan Karang Jamuang tersebut. Selain dilakukan pencarian dengan tim selam, Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan KN SAR Antasena yang melakukan penyisiran dengan luas area pencarian sebesar 109 NM2.

"Kemarin KN SAR Antasena turut mengawasi proses penarikan bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX menuju ke Ketapang Daya," tambahnya.

Untuk data korban, disebutkan antara lain atas nama Fakhtur (48), Himawan (27), Arif Maulana (47), Ulil Amri (57), dan Budiantoro (50). Sedangkan 5 korban lain yang selamat telah dibawa ke Kantor Syahbandar Gresik oleh KN 365 milik KPLP Gresik, yaitu 2 orang kru kapal TK Makmur Abadi/KM Tanto Bersinar atas nama Agung Dwi (20) dan Basuni (53) juga 3 orang ABK TB Mitra Jaya XIX yakni Shahrul (45) selaku nahkoda, Larusman (26), dan La Ode Ahmad (20).

Sebelumnya, kejadian tabrakan kapal terjadi pada Sabtu, 23 Januari 2021, dini hari. Tabrakan terjadi antara KM Tanto Bersinar dengan TB Mitra Jaya XIX di kawasan Karangjamuang, Perairan Gresik. Hingga memasuki hari ketiga, lima ABK dinyatakan masih hilang. (mdk/cob)

Baca juga:
Kapal Laut Tabrakan di Perairan Gresik, 8 ABK Masih Hilang
Seorang Pemuda di Pakistan Tewas Tertabrak Kereta Saat Main TikTok di Rel
Ambulans Bawa 3 Pasien Positif Covid-19 di Denpasar Terlibat Tabrakan
Kisah Para Korban Selamat Kecelakaan Pesawat, Bersyukur Meski Fisik Tak Lagi Sempurna
Truk Pasir Terperosok ke Sungai Brantas, Sopir Tewas Terjepit
Ibu Rumah Tangga di Tangerang Tewas Diseruduk Truk Saat Antre Beli Nasi Uduk

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami