5 Aksi dukungan terhadap Kopassus di sidang Cebongan

5 Aksi dukungan terhadap Kopassus di sidang Cebongan
aksi dukungan sidang kasus lapas cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 21 Juni 2013 07:16 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Pemandangan tak biasa terlihat saat 12 anggota Kopassus penyerang Lapas Cebongan menjalani sidang perdana di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, kemarin. Meski membunuh empat tahanan secara sadis, para terdakwa justru banjir dukungan.

Ratusan orang dari berbagai elemen datang ke pengadilan. Mereka berorasi dan membentangkan spanduk-spanduk dukungan terhadap Kopassus. Bahkan, mantan Kepala BIN Jenderal Purn AM Hendropriyono juga hadir di persidangan.

Namun, tindakan tak pantas dilakukan oleh massa pro Kopassus. Saat melihat Ketua Komnas HAM SN Laila di area pengadilan, mereka langsung menyorakinya.

Kejadian itu kembali terulang saat Laila pulang. Massa sempat mengejarnya sambil teriak-teriak, beruntung personel Polisi Militer bertindak sigap.

Dukungan juga diberikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko dan Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, sebelum 12 tentara bengis itu menjalani sidang. Moeldoko terang-terangan mengajak seluruh prajurit Kopassus untuk memberikan dukungan moril.

"Pada kesempatan ini saya mengajak, mari kita berikan dorongan moril dan doa kepada rekan-rekan kita yang sedang menjalani proses hukum dalam kasus Cebongan," kata KSAD dalam upacara penyematan Brevet Komando Kehormatan Pasukan Khusus (Kopassus) di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (11/6).

Berikut 5 dukungan buat 12 anggota Kopassus saat menjalani sidang:

Baca Selanjutnya: 12 Anggota Kopassus seperti pahlawan...

Halaman

(mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami