5 Hal meringankan bikin Serda Ucok divonis 11 tahun

5 Hal meringankan bikin Serda Ucok divonis 11 tahun
Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 6 September 2013 06:01 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Pengadilan Militer telah menjatuhkan hukuman kepada Sersan Dua Ucok Tigor Simbolon selama 11 tahun penjara dikurangi selama dalam tahanan. Tak hanya itu, dia juga dipecat dari Kesatuan TNI tempatnya mengabdi.

Sedangkan, dua rekannya yakni Serda Sugeng Sumaryanto divonis dengan hukuman selama delapan tahun dikurangi masa tahanan dan dipecat dari TNI. Sementara terdakwa tiga, Koptu Kodik divonis dengan hukuman penjara selama enam tahun dikurangi masa tahanan dan dipecat dari TNI.

"Ke tiga terdakwa terbukti melanggar dakwaan ke dua yakni pasal 103 ayat (1) jo ayat (3) ke-3 KUHP Militer," katanya.

Pengadilan juga menjatuhkan hukuman penjara terhadap lima anggota Kopassus yang menjadi terdakwa dalam kasus Cebongan. Kelima terdakwa itu adalah Sertu Tri Juanto, Sertu Anjar Rahmanto, Sertu Martinus Roberto, Sertu Suprapto, dan Sertu Hermawan Siswoyo. Kelima terdakwa dijatuhi hukuman 1 tahun 9 bulan penjara.

Hukuman itu jauh lebih ringan daripada tuntutan jaksa yang meminta agar hakim menjatuhkan hukuman selama 12 tahun penjara kepada Serda Ucok. Namun, hakim melihat ada hal-hal meringankan bagi para terdakwa.

Berikut hal-hal yang meringankan terdakwa seperti dirangkum merdeka.com:

Baca Selanjutnya: Pernah bantu penanganan erupsi Gunung...

Halaman

(mdk/tyo)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami