5 Juni, Seluruh Tempat Ibadah di Depok Kembali Dibuka

5 Juni, Seluruh Tempat Ibadah di Depok Kembali Dibuka
PERISTIWA | 3 Juni 2020 22:46 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Kota Depok akan bersiap memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Tatanan kehidupan ini rencananya diterapkan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap IV berakhir pada 4 Juni 2020.

Namun masih ada sejumlah lokasi di Depok akan diberlakukan Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) tingkat RW. Pasalnya, Kota Depok masih masuk kategori 3 atau zona kuning, sehingga belum bisa menerapkan new normal secara utuh.

"Sesuai arahan pusat, setelah 4 Juni BODEBEK akan menerapkan PSBB Proporsional, kalau di Kota Depok disebut PSKS," kata Wali Kota Depok Idris saat memantau persiapan AKB di Masjid Baiturrahman, Jalan Tole Iskandar, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (3/6).

Pihaknya pun akan membuka seluruh tempat ibadah di Depok pada 5 Juni mendatang. Ditandai dengan diperbolehkannya pelaksanaan Salat Subuh pada Jumat (5/6) dan Salat Jumat berjemaah.

Namun Idris mengingatkan, protokol kesehatan tetap harus diterapkan dan dipatuhi.

"Seluruh masjid sudah diperbolehkan melaksanakan Salat Subuh dan Salat Jumat berjemaah mulai Jumat 05 Juni hingga evaluasi 14 hari ke depan. Karena Kamis 04 Juni pukul 24.00 WIB, PSBB inkubasi ke empat sudah berakhir," terangnya.

Dia menegaskan, untuk salat berjemaah di masjid hanya diperbolehkan bagi warga sekitar saja. Idris meminta pengurus masjid untuk melakukan pengawasan dengan baik.

"Cuman kami minta solat berjemaah di masjid ini hanya diperuntukkan untuk warga setempat. Orang luar ngga boleh, makanya kami mohon kepada pengurus masjid mengawasi hal ini," tegasnya.

Idris mengungkapkan, sesuai arahan WHO jarak solat berjemaah minimal 2 meter. Namun untuk Kota Depok akan diberi jarak 1-1,5 meter antar jemaah yang satu dengan yang lain.

"Selain itu sebelum masuk masjid jemaah harus diukur suhu tubuhnya. Dan jangan membawa anak di bawah umur 12 tahun dan orangtua rentan salat berjemaah di masjid," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Ketua DMI Bertemu Jokowi Bahas Pelaksanaan Salat Jumat Jelang New Normal
Meski PSBB Diperpanjang, Tempat Ibadah di Palembang Dibuka Kembali
JK Minta Tempat Ibadah Dibuka Lebih Dahulu daripada Kantor atau Mal
Penyemprotan Disinfektan di Masjid Al-Azhar
Rencana Dibuka Kembali, Pura di Tangerang Disemprot Disinfektan
Pura Kerta Jaya Tangerang Terapkan Physical Distancing

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5