5 Pospam Solo Bakal Siaga 24 Jam untuk Antisipasi Pemudik

5 Pospam Solo Bakal Siaga 24 Jam untuk Antisipasi Pemudik
Kapolresta Surakarta, Kombes Ade Safri Simanjuntak. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Mei 2021 18:26 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang larangan mudik 6-17 Mei 2021, Polresta Surakarta memastikan 5 pos pengamanan (pospam) bakal siaga 24 jam. Petugas gabungan Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP dipastikan akan melakukan screening atau penyaringan kendaraan yang diindikasikan sebagai pemudik di pos-pos pengamanan tersebut.

“Kita akan siap 24 jam di 5 Pospam untuk melakukan screening. Ini untuk mengantisipasi pemudik yang lolos dari penyekatan petugas di wilayah Solo Raya,” ujar Kapolresta Surakarta, Kombes Ade Safri Simanjuntak, Selasa (4/5).

Menurut mantan Kapolres Karanganyar, 5 pospam tersebut berada di pintu masuk Kota Solo. Yakni Pospam di Simpang Tiga Faroka, Tugu Makutho, Exit Tol Klodran, Simpang Tujuh Joglo dan di kawasan Jurug. Para petugas gabungan, lanjut Ade, akan bekerja dengan sistem shift.

Ade menambahkan, selama larangan mudik Lebaran, petugas akan menyaring kendaraan bermotor yang diindikasikan sebagai pemudik. Utamanya kendaraan dengan pelat nomor luar kota. Jika terbukti sebagai pemudik, sesuai SOP Pemkot Solo, mereka diwajibkan melakukan karantina selama 5 hari di Solo Technop Park (STP) Kentingan, Jebres.

"Di STP nanti akan dilakukan tes swab. Kalau negatif, tetap di STP 5 hari, tapi kalau reaktif akan dirujuk ke tempat yang sudah ditunjuk," terangnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi pemudik melalui jalan kampung, pihaknya akan melakukan patroli. (mdk/ray)

Baca juga:
Bupati Bogor Kerahkan 40 Camat Antisipasi Mudik Jelang Lebaran
Penumpang Bus AKAP di Kampung Rambutan Alami Kenaikan 30 Persen
Pantau Tawaran Mudik dengan Travel Gelap, Polres Depok Patroli di Media Sosial
Survei: 20,8 Persen Masyarakat Indonesia Masih akan Lakukan Mudik Lebaran 2021
Satgas Covid-19: Pemerintah Sepakat Meniadakan Segala Bentuk Mudik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami