50 Ormas Gelar Aksi Tolak Demo Anarkis di Yogyakarta

50 Ormas Gelar Aksi Tolak Demo Anarkis di Yogyakarta
PERISTIWA » MAKASSAR | 26 Oktober 2020 00:32 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Ratusan orang masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Kawulo Ngayogyakarta (KKN) menggelar aksi menolak demo anarkis di Yogyakarta. Aksi yang diikuti oleh 50 organisasi masyarakat, komunitas dan relawan ini menyuarakan keresahannya terhadap demonstrasi anarkis yang terjadi di Yogyakarta.

Koordinator Komunitas Kawulo Ngayogyakarta, Waljito menyebut pihaknya meminta kepada semua pihak baik mahasiswa, buruh maupun organisasi lainnya agar dalam menyalurkan aspirasinya dengan bentuk demonstrasi agar memerhatikan keamanan dan kenyamanan Yogyakarta.

Waljito meminta kepada siapa pun yang menggelar aksi demonstrasi agar berjalan dengan tertib dan tidak anarkis. Termasuk pula tidak mengganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat.

"Silakan masyarakat, mahasiswa, buruh atau siapapun untuk menyampaikan aspirasinya dengan baik dan tidak anarkis. Kekritisan itu bisa dikemas dengan bentuk yang bagus, atraktif dan tak perlu anarkis," ungkap Waljito, Minggu (25/10).

"Anarkisme dipandang tidak mencerminkan Kota Jogja sebagai kota budaya. Untuk itu, Kawulo Ngayogyakarta siap melawan segala bentuk perbuatan yang menjurus anarkisme yang dilakukan oleh kelompok-kelompok manapun," imbuh Waljito.

Dalam aksinya, Komunitas Kawulo Ngayogyakarta melakukan aksi jalan kaki dari Bundaran UGM hingga Pertigaan UIN Sunan Kalijaga. Dua tempat ini kerap menjadi lokasi demonstrasi mahasiswa.

Komunitas Kawulo Ngayogyakarta ini berjalan kaki dari Bundaran UGM dengan diiringi bregodo. Sepanjang jalan, peserta aksi turut membagi-bagikan masker berjumlah kurang lebih 1.000. (mdk/ray)

Baca juga:
Nigeria Mobilisasi Seluruh Pasukan Polisi Setelah Unjuk Rasa Tewaskan 69 Orang
Demo Ricuh di Makassar, 11 Orang Jadi Tersangka Perusakan
Kapolda Jambi Minta Pelaku Pembakaran Motor Polisi saat Unjuk Rasa Menyerahkan Diri
Demo di Makassar Berujung Ricuh, Polisi Amankan 21 Orang
Demo Tolak Omnibus Law di Makassar Ricuh, Kantor DPD NasDem dan Ambulans Dirusak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami