50 Tabung Oksigen hingga 1.000 APD Dikirim TNI untuk Penanganan Covid-19 di Papua

50 Tabung Oksigen hingga 1.000 APD Dikirim TNI untuk Penanganan Covid-19 di Papua
TNI Kirim Bantuan ke Papua. Dokumen TNI
NEWS | 3 Agustus 2021 04:33 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya membantu penanganan Covid-19 di sejumlah daerah termasuk Papua. Salah satunya yakni dengan mengirimkan sejumlah Alat Kesehatan (Alkes).

"Dengan menggunakan Pesawat Boeing TNI AU AI 7303 yang di awaki oleh Mayor Pnb Dani, TNI mengirimkan sejumlah bantuan berupa alat kesehatan yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (2/8)," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangannya, Senin (2/8).

"Bantuan yang diangkut menggunakan pesawat Boeing TNI AU AI 7303 ini take off dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada pukul 18.00 Wib dan akan transit di Lanud Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan sebelum melanjutkan penerbangan menuju Lanud Silas Papare Jayapura pada pagi harinya," sambungnya.

Ia menyebut, sejumlah Alkes yang dikirimkan ke Papua yakni 50 tabung oksigen, 150.000 Pcs masker medis serta 1.000 Pcs APD.

"1.000 Pcs sarung tangan medis, 20.000 Pcs Rapid Test Antigen yang keseluruhannya dari BNPB dan 50 buah Oksigen Concentrator dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet," sebutnya.

Edys menjelaskan, pendistribusian Alkes tersebut sesuai kebutuhan dan permintaan sejumlah Rumah Sakit (RS) yang ada di Papua.

"Nantinya sejumlah alat kesehatan ini akan digunakan oleh beberapa Rumah Sakit yang ada di Papua untuk membantu penanganan Covid-19," jelasnya.

Pengiriman Bantuan alat kesehatan tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tanggal 6 Januari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan TR Panglima TNI Nomor TR/625/2021 tanggal 25 Juli 2021 tentang kegiatan PPKM Mikro, "TNI mengirimkan sejumlah Alkes dari BNPB dan RSDC Wisma Atlet," tutupnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Stok Oksigen dan Obat di Alor Masih Aman, Polisi Minta Warga Laporkan Penimbunan
Pemerintah Terima Bantuan 200 Konsentrator Oksigen dari IWIP
Pemkot Bogor Sediakan Isi Ulang Oksigen untuk Warga yang Isoman, Begini Cara Dapatnya
Peristiwa 1 Agustus: Penemuan Unsur Oksigen oleh Joseph Priestley, Ketahui Sejarahnya
KPPU Data Stok Oksigen Medis di Apotek & Toko Alkes Kaltim
Gubernur Lampung Bersinergi Berbagai Pihak Atasi Ketersediaan Oksigen hingga Vaksin

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami