511 Penderita Gangguan Jiwa Stadium Berat di Jateng Dipasung

PERISTIWA | 7 November 2019 03:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Sebanyak 511 orang di Jawa Tengah dalam kondisi terpasung akibat mengalami gangguan jiwa stadium berat. Rata-rata warga yang dipasung berada di Brebes, Kendal, Pati, Purwokerto dan Rembang.

"Jadi banyak keluarga melakukan pemasungan terhadap penderita akibat kurang pemahaman. Makanya, kita perlu menggencarkan penanganan preventif bagi orang yang menderita gangguan jiwa. Bila ditemukan gejalanya, perlu dilakukan pemeriksaan ke puskesmas. Kalau tidak mampu baru ditangani RSUD dan RSJ," kata Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Jateng Tatik Murhayati, Rabu (6/12).

Dia menyebut bahwa kasus pemasungan di Jateng meningkat drastis sejak tahun 2013. Pemasungan terhadap keluarga kepada si penderita dilakukan agar tidak membahayakan lingkungan sekitar.

"Sejak 2013 sampai 2018 kemarin warga yang ditemukan dalam keadaan terpasung ternyata selalu meningkat. Malahan selama triwulan III hingga September 2019 saja sudah ada 511 orang yang terpasung," ujarnya.

Sedangkan, Kepala Dinsos Jateng Yusadar Armunanto mengatakan selama ini tim masih menyisir ke sejumlah daerah untuk mencari para penderita gangguan jiwa yang dipasung.

"Personel unit pelayanan sosial keliling (UPSK) sudah bergerak di lapangan mencari keluarga si penderita yang dipasung. Saya yakin banyak," ujar Yusadar.

Untuk roses pengobatan bagi penderita gangguan jiwa harus dikerjakan secara kontinyu agar penyakit psikotiknya dapat disembuhkan dengan maksimal.

"Kalau telat minum obat bisa kambuh lagi. Maka pemahaman keluarga harus ditingkatkan. Masyarakat juga tidak boleh mengucilkan dia. Itu jadi kunci pendampingan bagi para penderita psikotik agar bisa sembuh," tutup Yusadar.

Baca juga:
Dinyatakan Sehat, Eks Pasien RSJ Samarinda Malah Kabur dan Lompat ke Sungai
Dampak Kecanduan HP, 2 Remaja Alami Gangguan Jiwa dan Tak Nyambung Diajak Bicara
Pria Serang Polsek Batuceper Pakai Golok Diduga Mengidap Gangguan Jiwa
Gara-Gara Kecanduan Game HP, 3 Anak di Semarang Jalani Terapi Gangguan Jiwa
Demi Selfie Bareng Jemaah Putri, Pria di Sukoharjo Pakai Jilbab dan Cadar
Kabur dari Dinsos, Wanita Gangguan Jiwa Ditemukan Tewas di Mobil Dinas Pemkab Tuban

(mdk/cob)