550 Bus Disiapkan Angkut Pemudik dari Terminal Bekasi

PERISTIWA | 25 Mei 2019 22:00 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyiapkan sebanyak 550 armada bus untuk mengangkut pemudik dari terminal induk di Jalan Cut Mutia, Bekasi Timur pada saat musim mudik lebaran tahun ini. Jumlah itu terdiri dari 450 bus reguler dan 100 bus cadangan.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Fatikhun mengatakan, gelombang arus mudik melalui terminal Bekasi diprediksi mulai 30 Mei mendatang atau H-7 lebaran. "Puncaknya diperkirakan pada 1 Juni atau empat hari menjelang lebaran," kata Fatikhun di Bekasi, Sabtu (25/5).

Fatikhun yakin armada mudik yang disediakan cukup untuk mengangkut pemudik ke kampung halamannya diantaranya sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Barat, dan Sumatera. Menurut dia, tren mudik melalui terminal Bekasi cenderung menurun setiap tahun menyusul adanya mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta.

"Kuota mudik gratis di Bekasi saja 6000 dari pemerintah, belum lagi dari swasta," kata Fatikhun.

Tapi, instansinya tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan pemudik dengan menyiapkan 100 armada cadangan. Hal itu dilakukan agar pemudik tak sampai terlantar lantaran tak ada armada yang mengangkut mereka.

"Pemudik paling banyak ke daerah Jawa Barat seperti Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung," ucap Fatikhun.

Demi keselamatan penumpang, Fatikhun menambahkan instansinya akan mengecek kelaikan bus sebelum dipakai mengangkut pemudik. Uji kelaikan meliputi pengecekan rem, uji emisi, dan beberapa komponen lainnya.

"Kami harus menjamin penumpang itu selamat sampai dengan tujuannya," kata Fatikhun.

Baca juga:
Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam lewat Tol Trans Sumatera
Beri Diskon Mudik Lebaran, BUJT Cabut Diskon Cluster Tol Trans Jawa
Pemudik dengan Kereta Api Naik 3,41 Persen di Lebaran 2019
Bos Pertamina Jamin Stok BBM di Tol Trans Sumatera Cukup Saat Mudik Lebaran
Penting, Persiapkan Hal Ini Sebelum Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol
Pemudik Diimbau Batasi Kecepatan Maksimal di Ruas Tol Kayu Agung-Palembang

(mdk/did)