5.800 Babi di Sumut Mati, Virus Hog Cholera Berpotensi Makin Menyebar

PERISTIWA | 12 November 2019 12:19 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Bangkai babi yang dibuang ke sungai masih menjadi persoalan bagi warga dan Pemerintah Kota Medan. Seiring itu, babi yang terdata mati akibat hog cholera di Sumut pun bertambah hingga mencapai 5.800 ekor.

Ternak babi mati akibat hog cholera ditemukan di 11 kabupaten/kota di Sumut, yakni Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Medan, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Samosir. Jika penyakit ini menyebar lebih luas, virus itu pun berpotensi menginfeksi 1,2 juta ekor babi yang ada di Sumut.

Data kematian babi ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M Azhar Harahap, Selasa (12/11). Dia menyatakan, Pemprov Sumut, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP), mengimbau kabupaten/kota membentuk posko di tingkat kecamatan untuk mengantisipasi penyebaran virus hog cholera sekaligus mempercepat evakuasi bangkai babi yang dibuang sembarangan.

"Sesuai instruksi gubernur, untuk mempercepat penanganan virus hog cholera dan mengantisipasi penyebarannya diimbau kabupaten/kota membuat posko di tingkat kecamatan, terutama di daerah-daerah yang sudah terserang virus," sebut Azhar.

Posko di tingkat kecamatan itu diklaim sudah mulai bekerja. Tim di sana diharapkan dapat lebih cepat menerima informasi dari masyarakat jika ada temuan tentang kasus virus hog cholera, sehingga dapat segera dilakukan tindakan penanganan secepatnya.

Kematian massal babi akibat hog cholera ini berkait dengan temuan ratusan bangkai babi di Sungai Bederah dan Danau Siombak, Medan Marelan, sejak lebih dari sepekan lalu. Bangkai serupa juga ditemukan di sungai-sungai lain.

Pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut menduga kuat bangkai-bangkai babi itu terjangkit virus hog cholera yang kemudian sengaja dibuang warga di hulu sungai.

Baca juga:
Pemkot Medan Kesulitan Atasi Kiriman Bangkai Babi, Penguburan Massal Terkendala
Plt Wali Kota Medan Bentuk Timsus Tangani Bangkai Babi Dibuang di Sungai
Pemprov Sumut Siapkan Pergub Larangan Buang Bangkai ke Sungai
4.682 Babi di Sumut Mati Karena Terjangkit Virus Hog Cholera
Ratusan Bangkai Babi yang Dibuang ke Sungai di Medan Diduga Terjangkit Hog Cholera

(mdk/cob)