59 Sekolah di Tiga Kabupaten Rusak Terdampak Gempa Sulbar

59 Sekolah di Tiga Kabupaten Rusak Terdampak Gempa Sulbar
Anjing Pelacak Dikerahkan Lacak Korban Gempa di Reruntuhan. ©2021 Liputan6.com/Abdul Rajab Umar
PERISTIWA » MAKASSAR | 18 Januari 2021 14:41 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mencatat sedikitnya 59 sekolah mengalami rusak akibat terdampak gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah itu.

"Sebanyak 59 sekolah itu berada di Kabupaten Mamuju 27 sekolah, Majene 28 sekolah dan Mamasa empat sekolah. Tiga daerah itu terdampak langsung gempa," kata Kepala Disdikbud Sulbar, Gufran Darma Dirawan dihubungi ANTARA, Senin (18/1).

59 unit sekolah tersebut mengalami kerusakan dengan skala ringan seperti retak di beberapa bagian bangunan, rusak sedang meliputi atap sekolah rusak, plafon jebol dan bangunan retak serta rusak berat meliputi sebagian bangunan dan dinding sekolah roboh.

Hingga saat ini, Disdikbud Sulbar bersama Disdikbud kabupaten terus mendata jumlah sekolah yang rusak dan memperkirakan jumlah sekolah yang rusak akan terus bertambah.

"Kita terus berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah di daerah-daerah terdampak tersebut untuk memperbarui data jumlah sekolah yang rusak. Pendataan sudah kami lakukan sejak dua hari lalu dan telah diserahkan kepada pemerintah pusat," ujarnya.

Darma berharap tidak ada peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan yang menjadi korban akibat bencana tersebut.

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Majene, Sulawesi Barat, dan sekitarnya pada Jumat (15/1) dini hari. Gempa kedua tersebut menyebabkan korban jiwa dan ribuan orang mengungsi karena rumahnya rusak. (mdk/fik)

Baca juga:
Gubernur Ganjar Kirim 15 Relawan & Bantuan Logistik Bantu Penanganan Gempa Sulbar
Vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Barat Ditunda karena Fokus Penanganan Korban Gempa
Tim Medis Unhas Mengoperasi 19 Korban Gempa di Sulbar
Kondisi Para Korban Gempa Mamuju Tinggal di Tenda-Tenda Darurat
Akses Menuju Mamuju Terputus akibat Tertutup Bebatuan Besar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami