6 Jaksa Disiapkan untuk Tuntut Muncikari Vanessa Angel

PERISTIWA | 9 Maret 2019 01:32 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Enam jaksa disiapkan untuk melakukan penuntutan terhadap dua muncikari artis, ES dan TN. Dalam tempo waktu maksimal 20 hari ke depan terhitung sejak pelimpahan berkas dan tersangka, kasus ini sudah dapat dilimpahkan ke pengadilan.

Kesiapan penuntutan terhadap dua muncikari artis Vanessa Angel ini dikatakan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Sunarta. Ia menyatakan, setelah proses tahap dua terhadap dua muncikari artis tersebut selesai, jaksa kini berupaya menyusun rencana dakwaan. Maksimal, dalam tempo waktu 20 hari kedepan, kasus itu sudah dapat dilimpahkan ke pengadilan.

"Tahap dua sudah selesai, maka maksimal 20 hari sudah dapat dilimpahkan ke pengadilan," katanya, Jumat (8/3).

Ia menambahkan, setelah itu, pihaknya tinggal menunggu penetapan jadwal sidang saja dari Pengadilan Negeri Surabaya. Terkait dengan penuntutan, pihaknya sudah mempersiapkan 5 hingga 6 orang jaksa. Mereka terdiri dari 3 jaksa penuntut umum Kejati Jatim dan 3 dari jaksa Kejari Surabaya.

"Satu tim jaksa gabungan terdiri dari 5 sampai 6 orang kita siapkan lah," tambahnya.

Sementara itu, terkait dengan artis Vanessa Angel, Sunarta mengakui hingga kini belum ada berkas yang masuk. Pihaknya, hingga kini hanya masih menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) saja. "Vanessa belum. Masih SPDP saja," katanya.

Sebelumnya, ES dan TN dijerat UU ITE pasal 27 dan pasal 45, pasal 296 dan pasal 506 terkait dengan penyedia jasa prostitusi baik secara elektronik maupun konvensional. Mereka diduga membawahi sekitar 45 oknum artis dan model yang terlibat langsung di dalam prostitusi online.

Dari 45 oknum artis yang terlibat prostitusi online, dua orang diantaranya adalah Vanessa Angel dan Avriellya Saqilla. Atas kasus ini, polisi pun menetapkan 5 orang sebagai tersangka. 4 orang diantaranya adalah muncikari ES, TN, F dan W. Sedangkan satu tersangka lainnya adalah Vanessa Angel. (mdk/eko)

Baca juga:
Berkas dan Tersangka Muncikari Vanessa Angel Dilimpahkan ke Kejari Surabaya
Berat Badan Vanessa Angel Turun 7 Kilogram Selama di Penjara
Komnas Perempuan Minta Polisi Jerat Pelanggan Vanessa Angel
Komnas Perempuan Desak Polisi Tangguhkan Penahanan Artis VA
Pacar Posting Foto Vanessa Angel Belum Mandi: Ga Kuat
Berada di Tahanan, Artis VA Mudah Bersosialisasi
Kurang Lengkap, Berkas 3 Muncikari Prostitusi Artis Dikembalikan Jaksa ke Polisi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.