7 Pendaki Gunung Lawu kembali ke rumah masing-masing

PERISTIWA | 30 Juli 2015 13:20 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Tujuh pendaki yang hilang di Gunung Lawu kemarin, telah kembali ke rumah masing-masing pada Kamis, (30/7) pagi. Tiga pendaki bersaudara, Angger Abdul Triaji (9), Sasiati Satsuni (11) dan Refi Rifelli (18) kini sudah bisa berkumpul lagi dengan kedua orangtuanya.

Saat dikunjungi wartawan, anak pasangan Arif Zainal Arifin (40) dan Suryanti (39) tersebut terlihat bermain-main di halaman rumahnya, RT 05 RW 01 Kampung Sidodadi, Pucang Sawit, Jebres, Solo.

Kepada wartawan, Angger Abdul Triaji atau akrab disapa Abdul mengatakan saat dikabarkan hilang, ia mengaku bertahan di Sendang Drajad Gunung Lawu. Saat itu ia merasa rombongannya tidak melewati jalur yang benar.

"Saya merasa tersesat cukup jauh. Tapi saya ingat, ada sendang dan warung di atas. Kemudian saya bilang kakak untuk ketemu di sana. Saya tahu karena dulu pernah mendaki di sana orang tua dan kakak," ucapnya.

Abdul memilih bertemu di Sendang Drajat karena di tersebut terdapat sebuah warung, apalagi waktunya sudah malam.

Berkat pengalaman pertamanya naik ke Gunung Lawu membuat dia sedikit banyak hafal dengan jalur yang harus dilewati. Begitu pun dengan letak posko-posko di jalur pendakian. Namun saat turun ada saat turun ada jalan cabang.

"Saya ingat kakak seharusnya ke kanan, tapi Kak Refi malah lurus ternyata kami benar-benar kesasar,” kisahnya.

Pada Selasa (28/7) malam Abdul dan rombongan tiba di Sendang Drajat. Di mata air yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari puncak Gunung Lawu tersebut Abdul dan rombongan bertahan dengan bekal yang minim. Hingga akhirnya ditemukan oleh tim SAR. (mdk/ren)

Gara-gara foto, 6 pendaki ABG dan 1 bocah hilang di Gunung Lawu

7 ABG yang hilang di Gunung Lawu ditemukan dalam kondisi sehat

Cari 7 ABG yang hilang di Gunung Lawu, 6 jalur pendakian diobok-obok

Diterpa cuaca dingin, pendakian Gunung Lawu ditutup sementara

7 pendaki Gunung Lawu belum ditemukan, BPBD kerahkan tim gabungan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.