7 Tahanan Polres Semarang Kabur, Modus Ambil Kunci Pakai Sapu Lidi yang Dimodifikasi

PERISTIWA | 21 September 2019 16:08 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Tujuh tahanan melarikan diri dari ruang tahanan Polres Semarang, Jumat (20/9) pukul 02.51 WIB. Modus ketujuh tahanan kabur dengan cara mengambil kunci tahanan dengan sapu lidi yang sudah dimodifikasi.

"Jadi mereka para tahanan sudah memantau situasi di lokasi. Ketika situasi sekitar aman dari petugas, mereka langsung menjulurkan sapu lidi yang sudah dimodifikasi panjang. Berhasil ambil kunci tahanan kabur," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triadmaja, Sabtu (21/9).

Dia menyebut usai membuka pintu utama tahanan, para tahanan kabur langsung melewati samping Polres Semarang. Tujuh tahanan yang kabur merupakan satu ruangan dengan kasus berbeda.

"Saat kabur, tidak ada petugas penjagaan di lokasi. Dimungkinkan para tahanan melewati samping Polres Semarang. Tujuh tahanan yang kabur di antaranya 6 tahanan kasus pencurian, dan satu kasus narkoba," terangnya.

Hingga saat ini petugas masih gabungan Polres Semarang dengan Reskrim Polda Jateng melakukan pencarian tahanan kabur tersebut.

"Ini masih meminta keterangan empat petugas jaga tahanan. Yang pasti petugas di lapangan masih mengejar para tahanan yang kabur," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan saksi pihak petugas yang jaga, kata Agus berkoordinasi dengan keluarga para tahanan.

"Untuk pemeriksaan petugas kita fokus apakah saat jaga tidak bergantian atau memang ditinggal dalam keadaan tidak ada orang. Ini masih ditindak lanjuti pemeriksaan. Sedangkan keluarga meminta bila mengetahui keberadaan diminta untuk menyerahkan diri," tutup Agus Triadmaja.

Baca juga:
Kabur dari Sel, Tahanan Kasus Narkoba di Samarinda Berhasil Ditangkap
Disuruh Buang Sampah, Tahanan Polresta Samarinda Malah Kabur
Kronologi 4 Napi Abepura Kabur Manfaatkan Rusuh Papua
Terdakwa Pembunuhan Ayu Safitri Kabur Usai Sidang di Pekanbaru
Kabur Diduga Karena Masalah Utang, Dua Napi Lapas Baubau Menyerahkan Diri
Sebulan Lagi Bebas, 2 Napi Lapas Pematang Siantar Kabur dan Ditangkap Kembali

(mdk/bal)