70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut dan Diprioritaskan untuk Nakes

70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut dan Diprioritaskan untuk Nakes
vaksin moderna. ©Reuters
NEWS | 29 Juli 2021 20:43 Reporter : Uga Andriansyah

Merdeka.com - Sebanyak 70 ribu dosis vaksin Moderna asal Amerika Serikat tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (29/7). Setelah tiba di Sumut, 70 ribu dosis vaksin Moderna itu dibawa ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sumut.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah, mengatakan puluhan ribu dosis vaksin Moderna ini akan dipriotaskan untuk para tenaga kesehatan (nakes).

“Jadi ini untuk dosis ketiga. Sebagai booster, peruntukkannya untuk nakes termasuk dari TNI dan Polri,” kata Aris, Kamis (29/7) malam.

Selanjutnya, proses pendistribusian 70 ribu dosis vaksin Moderna itu akan dipasok ke beberapa kabupaten/kota di Sumut sesuai jumlah nakes yang ada.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan di kabupaten kota,” ucap Aris.

Sebelumnya, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjelaskan bahwa stok vaksin saat ini semakin menipis. Pihaknya telah meminta pasokan vaksin sebanyak 2 juta dosis dari pemerintah pusat. Namun, hal tersebut belum terealisasi hingga saat ini.

"Ada keterbatasan vaksin di nasional dan diprioritaskan untuk Jawa-Bali. Sehingga provinsi non Jawa-Bali itu dilakukan secara bertahap," kata Edy, Kamis (29/7).

Sembari menanti kedatangan vaksin, Edy meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

"Perlu diberitahu kepada orang Sumut ini. Langkah kedua adalah vaksin. Langkah pertama adalah protokol kesehatan, pakai makser, cuci tangan dan jaga jarak," pungkasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, saat ini jumlah vaksinasi Covid-19 di Sumut untuk dosis pertama baru mencapai 1.842.517 orang atau 16,13 persen. Sedangkan, untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua masih di angka 973.432 orang atau 8,5 persen. Data tersebut menunjukkan bahwa capaian target vaksinasi Covid-19 di Sumut masih rendah dari target 70 persen atau sebanyak 11.419.559 orang. (mdk/ded)

Baca juga:
Berdasarkan penelitian, 2 dosis vaksin Sinovac ampuh cegah penularan Covid-19
Pengunjung Salon dan Restoran Diwajibkan Sudah Divaksin
Dokter Paru Nilai Belum Diketahui Durasi Proteksi Vaksin Untuk Cegah Penularan Covid
DPR Minta Distribusi Vaksin Covid-19 Dipercepat ke Daerah Pedalaman
Bio Farma Pastikan Stok Vaksin Aman, Pemerintah Daerah Tidak Perlu Khawatir

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami