750 Perwira TNI-Polri Baru Dilantik, Jokowi Ingatkan Ikuti Perkembangan Teknologi

750 Perwira TNI-Polri Baru Dilantik, Jokowi Ingatkan Ikuti Perkembangan Teknologi
PERISTIWA | 14 Juli 2020 10:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik 751 perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui siaran virtual di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (14/7). Pelantikan kali ini berbeda hanya ada beberapa perwakilan yang hadir tatap muka dalam pelantikan tersebut yaitu peraih Adhi Makayasa dari tiap-tiap Akademi Angkatan dan Kepolisian yaitu Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol).

Jokowi pun berpesan pada mereka agar cakap membaca peluang untuk menghadapi tantangan ke depan. Perkembangan dunia nantinya kata dia akan cepat berubah diseluruh sektor. Sebab itu akan banyak persaingan yang ketat antar negara.

"Sebagai pengawal masa depan saudara-saudara harus cakap membaca peluang dan tantangan ke depan, yang jelas dunia berubah dengan begitu cepatnya disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan dan revolusi industri jilid ke-4 semakin mendorong perubahan super cepat tersebut," kata Jokowi di hadapan 750 perwira TNI-Polri melalui siaran virtual di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (14/7).

Nantinya, kata Jokowi persaingan pengetahuan dan teknologi antar negara dilakukan dengan ketat. Termasuk kata dia industrialisasi yaitu teknologi militer yang memanfaatkan kecerdasan buatan, hingga teknologi siber.

"Saudara-saudara harus menjadi bagian untuk mengendalikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan pada perwira Polri untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Dia menjelaskan kejahatan yang dihadapi saat ini makin bervariasi.

"Karena itu saudara-saudara harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman, saudara-saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan penjaga nkri dan penjaga pancasila yang sejati," kata Jokowi.

Kemudian Jokowi juga menegaskan para perwira TNI-Polri harus memegang teguh kode etik dan jati diri. Serta menjunjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI-Polri.

"Pelihara kekompakan dan persatuan dan berikan pelayanan terbaik bagi bangsa, negara dan rakyat kita," kata Jokowi. (mdk/rhm)

Baca juga:
Pelantikan di Istana, 4 Perwira TNI-Polri Raih Adhi Makayasa 2020
Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI-Polri di Istana Negara
Jokowi Sebut Teguran Keras ke Menteri Bukan Marah, Tetapi untuk Memotivasi
PKS Protes Prabowo Pimpin Lumbung Pangan Nasional
CEK FAKTA: Disinformasi Seluruh Peserta Kartu Prakerja Wajib Kembalikan Uang Bantuan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami