78 Tenaga Kesehatan di Riau Positif Covid-19

78 Tenaga Kesehatan di Riau Positif Covid-19
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 22:04 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - 78 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Provinsi Riau dinyatakan positif Covid-19. Mereka tersebar di 10 kabupaten dan kota di Riau. Mereka bekerja di 24 sarana pelayanan kesehatan.

"Mereka ini ada yang dokter, perawat, bidan, analis, rekam medis dan ada beberapa yang bekerja di bagian manajemen, administrasi dan petugas dari dinas kesehatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (4/8).

Bahkan terdapat juga sejumlah nakes yang bekerja di pusat pelayanan kesehatan. Sebagian mereka merupakan petugas survailans rehabilitasi medik dan prakarya.

"Prakarya itu petugas yang menolong mengantarkan rekam medik, dan menolong di ruang rawat inap dan yang bekerja di Diklat. Ada juga petugas yang melakukan pekerjaan maintenance di rumah sakit serta petugas promosi kesehatan rumah sakit," jelas Mimi.

Mimi menyebutkan, dari 78 nakes yang dinyatakan positif Covid-19 di Provinsi Riau sebagian besar sudah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan. Namun, masih ada sekitar 15 nakes lagi yang masih dirawat.

"20,8 persen dari 78 orang nakes masih dirawat. Jadi sekitar 15 nakes masih dirawat," jelas Mimi.

Mimi menyampaikan, hari ini terdapat penambahan 71 kasus pasien yang tertular virus corona. Sedangkan, kabar baiknya, terdapat penambahan 12 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Ada penambahan 71 pasien positif virus corona hari ini, sehingga total pasien positif menjadi 577 kasus sejak awal pandemi,” kata Mimi.

Penambahan ini, kata Mimi, merupakan kasus terbanyak sepanjang pengumuman Covid-19 di Riau selama pandemi.

Dari 577 kasus ini, 97 orang menjalani isolasi mandiri, sedangkan pasien yang dirawat di rumah sakit 123 orang, pasien sembuh 344 orang dan 13 meninggal dunia.

"Pasien sembuh bertambah 12 orang, sehingga jumlah pasien sembuh totalnya menjadi 344 orang," pungkas Mimi. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami