8 PDP di Sumsel Diawasi agar Tidak Berkeliaran Selama Masa Isolasi

8 PDP di Sumsel Diawasi agar Tidak Berkeliaran Selama Masa Isolasi
PERISTIWA | 10 April 2020 20:24 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Sebanyak delapan orang ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumatera Selatan tengah menjalani isolasi mandiri. Di antaranya termasuk perawat yang sempat merawat pasien positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, delapan PDP tersebut menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing karena hanya mengalami gejala ringan. Mereka masing menunggu hasil pemeriksaan sampel spesimen di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Sejauh ini ada delapan PDP yang isolasi mandiri, beberapa di antaranya tenaga medis. Mereka sebelumnya merawat pasien positif Covid-19," ungkap Yusri, Jumat (10/4).

Semua PDP harus menjaga jarak dan tidak keluar rumah sebelum hasil pemeriksaan sampel keluar. Dia berharap mereka tidak melakukan hal yang sama seperti pasien asal Prabumulih yang berkeliaran hingga ke pasar sehingga menimbulkan keresahan masyarakat.

"Saya kira mereka (8 PDP) tak akan keluyuran, karena TNI dan polri yang mengawasi mereka setiap hari. Kalau mereka keluar rumah, masyarakat boleh mengambil gambar, difoto, biar nanti akan kami isolasi di rumah sakit," ujarnya.

Menurut dia, isolasi mandiri bagi delapan PDP atas pertimbangan situasional. Kediaman mereka dianggap cukup layak dan jaminan keluarga yang turut mengontrol.

"Diperlukan kesadaran mereka menaati aturan pemerintah. Jangan membuat warga resah dan jika positif akhirnya menularkan virus itu ke orang lain," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Tes PCR Covid-19 Segera Dapat Dilakukan di Sumut
Cari Dana Penanganan Covid-19, Pemerintah Disarankan Jual SUN Ketimbang Utang ke IMF
Sumut Terima Bantuan 10.000 APD dan 6.000 Masker untuk Tenaga Medis
830 WNI Dipulangkan dari Arab Saudi dan Malaysia Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Data Pasien Positif Corona di Gugus Tugas Covid-19 Sumsel dengan Pusat Berbeda
Penerapan PSBB, Suasana Mal di Jakarta Makin Sunyi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami