81 Pengungsi Rohingya Tiba di Medan dari Aceh Timur, Diisolasi 14 Hari di Hotel

81 Pengungsi Rohingya Tiba di Medan dari Aceh Timur, Diisolasi 14 Hari di Hotel
81 Pengungsi Rohingya Tiba di Medan. ©2021 Merdeka.com/Uga Andriansyah
PERISTIWA | 11 Juni 2021 02:02 Reporter : Uga Andriansyah

Merdeka.com - 81 Pengungsi etnis Rohingya yang dipindahkan dari Aceh Timur akhirnya tiba di Medan, Kamis (10/6) pagi. Koordinator Program IOM (Organisasi Internasional untuk Migrasi) Indonesia, Sonya S Wallenta, menuturkan pemindahan puluhan etnis Rohingya itu dilakukan usai sejumlah pihak melakukan rapat koordinasi.

"Jadi di dalam rapat itu direkomendasikan bahwa pengungsi itu agar segera dipindahkan ke Medan di bawah akomodasi yang dikelola oleh IOM," kata Sonya di Medan.

Puluhan pengungsi Rohingya itu menjalani isolasi di Hotel Bukit Panembahen selama 14 hari usai tiba di Medan. "Setelah mereka sampai di sini nanti. Mereka akan diregistrasi oleh UNHCR (Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi). Dimasukkan ke dalam daftar pengungsi yang diidentifikasi oleh UNHCR sebagai pengungsi luar negeri berbangsa Myanmar dan etnis Rohingya," ujar Sonya.

Sementara itu, salah satu pengungsi Rohingya, Mohammed Ilyas, mengatakan mereka telah melakukan perjalanan selama empat bulan sebelum tiba di Aceh menggunakan kapal.

"Kami keluar dari kamp Bangladesh (Cox's Bazar) tapi baru empat hari mesin (kapal) mati dan rusak," pungkasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh Timur akan Dipindah ke Medan
Pengungsi Rohingya yang Masih di Lhokseumawe Tinggal 10 Orang
51 Imigran Rohingya Dipindahkan dari Aceh ke Sumatera Utara
CEK FAKTA: Hoaks Foto Wanita dan Bayi Tewas Akibat Ulah Militer Myanmar
36 Pengungsi Rohingya Dipindah dari Aceh ke Medan, Ini Alasannya
Kesedihan Etnis Rohingya Seusai Kamp Pengungsian Ludes Terbakar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami