830 WNI Dipulangkan dari Arab Saudi dan Malaysia Jalani Pemeriksaan Kesehatan

830 WNI Dipulangkan dari Arab Saudi dan Malaysia Jalani Pemeriksaan Kesehatan
PERISTIWA | 10 April 2020 19:59 Reporter : Kirom

Merdeka.com - 830 warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Arab Saudi dan Malaysia menjalani pemeriksaan kesehatan, setibanya di Indonesia. Mereka dicek kesehatan di kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Bandara Soekarno-Hatta.

"Pemeriksaan kesehatan tambahan tersebut meliputi pertama wawancara dan penyelidikan epidemologi. dilakukan pengamatan pada gejala dan yang ketiga dilakukan test saturasi oksigen," kata Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Anas Maruf dikonfirmasi, Jumat (10/4).

Selain hal tersebut, petugas KKP Kelas I Bandara Soekarn0-Hatta juga melakukan pemeriksaan tambahan dengan menggunakan rapid test.

"Pemeriksaan rapid test ini untuk deteksi dini apakah PMI (Pekerja Migran Indonesia) tersebut terpapar Covid-19 atau tidak. Kemudian mereka yang kita lihat agak sakit atau batuk, kita lakukan pemeriksaan tes cepat menggunakan rapid test secara selektif atau random," ucap Anas.

Dari sejumlah tes dan pemeriksaan itu, pihaknya memastikan tidak mendapati satupun WNI yang diduga terinfeksi Covid-19.

"Dari dua penerbangan dari Malaysia dan satu penerbangan dari Arab Saudi dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif. Sepanjang kedatangan WNI tersebut kemarin dilakukan pemeriksaan tambahan, beberapa dilakukan test cepat, tidak ada yang mengarah ke Covid-19. Maka kemudian kita release mereka. Kita berikan clearance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ungkap Anas. (mdk/cob)

Baca juga:
Data 9 April, 312 WNI di Luar Negeri Positif Virus Corona
Australia Imbau Warga Asing Pulang ke Negara Masing-masing, Kemlu Serahkan ke WNI
Pemerintah Pilih Beri Bantuan Sembako Dibanding Uang untuk WNI di Luar Negeri
WNI Positif Corona di Luar Negeri Ada 210 Orang, 33 Dinyatakan Sembuh
Satu Pelajar WNI di Turki Positif Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami