8.400 Alat Tes Cepat Corona Tiba di Jateng, ODP Jadi Prioritas Pemeriksaan

8.400 Alat Tes Cepat Corona Tiba di Jateng, ODP Jadi Prioritas Pemeriksaan
PERISTIWA | 27 Maret 2020 15:01 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Sebanyak 8.400 alat tes cepat atau Rapid Test akan didistribusikan ke 35 kabupaten kota di Jawa Tengah. Dinkes Jateng mengaku belum mendapat jadwal terkait pelaksanaan tes cepat untuk orang dalam pengawasan (ODP) kasus corona.

"Kita belum tahu kapan dilaksanakan tes cepat. Tapi yang terpenting kita mendata dulu, dan prioritaskan ODP. Untuk teknis pelaksanaan tes ini kita mendatangi warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo saat ditemui usai meninjau gudang obat di Tambak Aji, Semarang, Jumat (27/3).

Dia mengungkapkan 8.400 alat rapid test tersebut tiba Kamis (26/3) sore. Alat itu kemudian disimpan di tempat khusus di gudang milik Dinkes Jateng. "Data di Jateng sendiri jumlah ODP mencapai 3.638 orang. Jumlah itu tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Jateng," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta alat rapid test segera didistribusikan. Dia mengimbau masyarakat diminta tidak berbondong-bondong mendatangi rumah sakit untuk melakukan rapid test.

"Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong. Kita tetap patuh social distancing (jaga jarak)," ungkapnya.

Terkait metode yang akan digunakan pengecekan tes cepat dengan jemput bola. Petugas akan mengunjungi rumah-rumah warga yang dinyatakan ODP.

"Jadi mereka di rumah saja karena kami sudah punya datanya semua. Selain itu, ODP kan memang harus di rumah, mengisolasi diri. Maka kami akan jemput ke rumah dan melayani semuanya," terangnya.

Ditanya soal target waktu, Ganjar menerangkan bahwa pengecekan menggunakan rapid test sangat cepat. Ditargetkan setelah alat disebarkan, dalam waktu sehari pengecekan bisa selesai.

"Cepat, target satu hari selesai. Paling lambat dua hari, biar cepat diketahui hasilnya dan dilakukan tindakan-tindakan selanjutnya," tutup Ganjar Pranowo. (mdk/cob)

Baca juga:
Satu PDP di Bangka Selatan Meninggal Dunia
Ini Dampak Lockdown yang Akan Terjadi Apabila Diterapkan di Indonesia
Di Tengah Wabah Corona, Warga Jepang Tetap Tenang dan Tertib Saat Belanja Makanan
Ketika Covid-19 Paksa Pemimpin Negara G20 Bertatap Muka Secara Virtual
Hari Bahagia yang Tertunda Karena Corona
Cegah Terinfeksi Virus Corona, Ini 7 Resep Minuman Tradisional Penambah Imun Tubuh

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5