9.177 Jiwa Terdampak Banjir di Garut

9.177 Jiwa Terdampak Banjir di Garut
Puluhan perahu nelayan rusak dihantam banjir di Garut. ©2020 Merdeka.com/Mochammad Iqbal
PERISTIWA | 15 Oktober 2020 09:30 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Banjir menerjang Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (12/10), pukul 04.30 waktu setempat. Banjir tersebut mengakibatkan 238 kepala keluarga (KK) terdampak.

"Sedangkan total populasi terdampak sekitar 2.779 KK atau 9.177 jiwa," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Kamis (15/10).

Selain itu, 20 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Garut juga terdampak banjir. Tiga kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Pameungpeuk, Cikalet dan Cibalong.

Wilayah desa yang paling banyak terdampak berada di Kecamatan Pameungpeuk. Yakni, Desa Mancagahar, Mandalakasih, Jatimulya, Pameungpeuk, Sinarbakti, Bojongkidul, Paas dan Bojong Kaler.

Sementara desa-desa di wilayah Kecamatan Cikalet yang terdampak yakni Desa Pamalayan, Cikelet, Cigadog, Linggamanik dan Pamalayan. Sedangkan di Kecamatan Cibalong, desa terdampak yaitu Desa Karyamukti, Karyasari, Najaten, Mekarwangi, Mekarsari, Sagara dan Mekarmukti.

Raditya menyebut, hasil penilaian sementara untuk kerugian materiil berupa rumah rusak berat (RB) 136 unit, rumah rusak sedang (RS) 197, rumah rusak ringan (RR) 613 dan 2.180 rumah terendam.

"Kerugian juga menimpa fasilitas publik yakni tempat ibadah RR 25 unit, fasilitas Kesehatan RR 10, fasilitas Pendidikan 12 (masih dikaji tingkat kerusakannya), jembatan RB 18. Di samping itu, kerusakan juga teridentifikasi pada ruas jalan di 12 titik dan TPT 9 titik," terangnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
Tinjau Lokasi Bencana di Garut, Wagub Uu Dorong Warga Melakukan Penghijauan
Banjir Garut, Puluhan Perahu Rusak dan Belasan Tenggelam
4 Daerah di Jabar Dilanda Bencana, BPBD Belum Tetapkan Status Siaga Darurat
Tewas dengan Luka di Kepala, Dadang Ternyata Dibunuh Pemilik Kandang Ayam
298 Gardu Listrik Rusak, Ini 4 Dampak Banjir Bandang yang Melanda Garut Selatan
7 Bangunan di Cisompet Garut Tertimbun Longsor
Dadang Ditemukan Tewas dengan Sejumlah Luka di Kandang Ayam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami