Achmad Yurianto: Inkubasi Covid-19 di Indonesia 5-6 Hari

Achmad Yurianto: Inkubasi Covid-19 di Indonesia 5-6 Hari
PERISTIWA | 10 April 2020 16:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, rata-rata masa inkubasi Covid-19 di Indonesia selama lima hingga enam hari. Yurianto menjelaskan, paling lama masa inkubasi virus tersebut selama 14 hari.

"Covid-19 ini memiliki masa inkubasi yang terlama secara ilmiah adalah selama 14 hari. Namun data yang kita miliki rata-rata inkubasi yang terjadi di negara kita adalah pada kisaran antara lima hingga enam hari," papar Achmad Yurianto dalam konferensi pers daring, Jumat (10/4).

Hal ini berarti, ia melanjutkan bahwa kasus positif Covid-19 yang didapatkan pada hari ini adalah mereka yang terinfeksi pada lima atau enam hari yang lalu.

"Oleh karena itu gambar kasus hari demi hari itu merepresentasikan apa yang terjadi di lima, enam hari yang lalu," jelasnya.

Yurianto mengatakan, hal ini juga menunjukkan bahwa kebijakan pembatasan fisik yang telah diterapkan tidak terlaksana dengan baik seiring dengan peningkatan terus-menerus jumlah kasus baru.

"Oleh karena itu penularan di luar masih saja terjadi. Di dalam rangka untuk memperkuat lagi tentang upaya physical distancing maka pemerintah memberikan kesempatan pada seluruh kepala daerah untuk secara berjenjang, secara terstruktur mengajukan PSBB," ungkapnya.

Dia menjelaskan, hakekat dari PSBB atau Pembatasan Sosial Bersekala Besar adalah demi menegaskan kembali pembatasan-pembatasan aktivitas sosial orang per orang demi menekan penyebaran virus Corona. PSBB, kata Yurianto semestinya meneguhkan komitmen kita untuk terus melakukan pembatasan fisik.

"Oleh karena itu mari kita patuhi bersama tentang ketentuan-ketentuan physical distancing. Apalagi yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah DKI untuk menerapkan PSBB," katanya.

Reporter: Yopi Makdori (mdk/gil)

Baca juga:
Pasien Positif Virus Corona Sembuh di Sumbar Bertambah Menjadi 6 Orang
20 Persen Masjid di Jakpus Masih Gelar Salat Jumat
Pemerintah: Pelaksanaan Ibadah Jumat Agung di Rumah Bentuk Nyata PSBB
Komisi I DPR Ingatkan Wartawan Peduli Keselamatan Diri dari Covid-19
Hari Pertama PSBB, Jalan Protokol Jakarta Lengang
DPR Bentuk Tim Pengawas untuk Awasi Penggunaan Anggaran Virus Corona Rp405 T

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami