Ada 25 Perawat Terinfeksi Covid-19, Pemprov Sulsel Diminta Edukasi Masyarakat

Ada 25 Perawat Terinfeksi Covid-19, Pemprov Sulsel Diminta Edukasi Masyarakat
PERISTIWA | 26 Mei 2020 20:32 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Sebanyak 60 tenaga medis di Provinsi Sulawesi Selatan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Di antara jumlah tersebut, 25 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah menjalani tes swab.

Demikian dikatakan Ketua DPW Sulawesi Selatan (Sulsel) Persatuan Perawat Indonesia (PPNI), Rahmat yang menyebut data tersebut per tanggal 26 Mei 2020.

"Semua yang positif masih dalam kondisi stabil dengan keluhan minimal dan tidak ada kasus yang meninggal sampai saat ini," ujar Rahmat saat dihubungi merdeka.com, Selasa (26/5).

Dia mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini tetap konsentrasi untuk penguatan terkait pencegahan infeksi pada saat bertugas dengan mematuhi SOP yang sudah ada, stimulus alat pelindung diri (APD), dan support psikologis bagi perawat yang sementara harus isolasi mandiri.

1 dari 1 halaman

Pemprov Sulsel Harus Bijak Tren Lonjakan Kasus

Sementara itu terkait kondisi tenaga medis khususnya perawat yang masih miliki potensi terpapar Covid-19. Rahmat meminta Pemerintah Provinsi Sulsel harus bijak melihat trend kasus yang terus melonjak.

"Kasus belum menunjukkan tren menurun, terus menanjak, artinya masyarakat masih belum semuanya sadar dengan protokol kesehatan yang baik," katanya.

Diketahui bahwa, data per 25 Mei 2020 angka terkonfirmasi positif di Sulsel ada 1.319 orang, sedangkan untuk angka sembuh 462 orang dan meninggal 66 orang.

Atas hal tersebut, Rahmat menilai jika tren ini terus berlanjut Provinsi Sulsel bisa menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di Indonesia, seperti sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan.

"Maka harus ada evaluasi dan edukasi yang secara terus menerus dengan melibatkan semua unsur agar masyarakat. Terlebih, kita siap memasuki 'New Normal' sebagai kondisi baru yang harus bisa di adaptasi," kata dia. (mdk/rhm)

Baca juga:
Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri bakal Jaga Pasar & Mal
New Normal, Ridwan Kamil Batasi Jumlah Pengunjung di Mal & Restoran
Menteri Erick Sebut 90 Persen BUMN Terdampak Corona
Wali Kota Bekasi Izinkan Rumah Ibadah di Zona Hijau Dibuka Pekan Depan
Mensos Sebut Kota Depok Salah Satu Penerima Bansos Terbesar
Pemprov Jabar Siap Hadapi Gelombang Kedua Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5