Ahli Hukum Nilai Capim KPK dari Polri Berpengalaman

PERISTIWA | 18 Agustus 2019 14:49 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Pengumuman hasil seleksi tahap profile assessment calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan diumumkan oleh panitia seleksi (Pansel) pada Jumat, 23 Agustus 2019. Ahli Hukum Kapitra Ampera menilai, empat jenderal bintang dua Polri yang duduk sebagai calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK layak menjadi pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

"Saya pikir keempatnya layak ya untuk memimpin KPK. Mereka sudah pati (perwira tinggi), pengalaman sangat matang, integritas tidak diragukan," ungkap Kapitra di Jakarta, Minggu (18/8).

Dan yang paling penting kata Kapitra, mereka sudah selesai dengan dirinya sendiri. Sehingga para anak buah Tito Karnavian tersebut, dengan kemampuannya yang sudah teruji, sangat cocok menjadi pimpinan KPK.

"Itu yang terpenting. Mereka sudah selesai dengan dirinya sendiri sehingga sangat cocok (memimpin KPK)," pungkas Kapitra.

Seperti diketahui, sejauh ini terdapat empat pati Polri bintang dua yang lolos tahapan seleksi Pansel Capim KPK. Mereka yakni Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Irjen Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bauri, Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri Irjen Dharma Pongrekun, dan Analis Kebijakan Utama Bidang Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lemdiklat Polri Irjen Juansih.

Selain itu juga terdapat dua pati Polri bintang satu yang juga lolos tahapa seleksi Pansel KPK, yaitu Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani serta mantan Kapolda Sumatera Barat Brigjen Bambang Sri Herwanto.

Baca juga:
Sudah Teruji, Sosok Polisi Dinilai Tepat Pimpin KPK
IPW Nilai Harus Ada Pati Polri Isi Pimpinan KPK Agar Tegas
Pansel Harap 20 Capim KPK Lolos Tes Profile Assessment
6 Capim KPK dari Unsur Polri Dinilai Profesional dan Kredibel
Pansel Nilai Pelaporan LHKPN Harus Dipisahkan dari Seleksi Capim KPK
Pansel Ungkap Karakter Capim yang Dibutuhkan KPK

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT