AHY Minta Politisi Tidak Pakai Isu SARA untuk Keuntungan Politik

PERISTIWA | 4 April 2019 21:11 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara terkait penolakan warga beda keyakinan yang ingin tinggal di Padukuhan Karet, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Menurut AHY, negara harus hadir menjamin seluruh warga negara untuk bisa hidup aman, nyaman dan tenang.

"Tidak boleh ada satupun yang dirugikan secara konstitusional. Termasuk karena hanya karena perbedaan agama, suku, ras dan etnis. Sekali lagi kita harus kedepankan kehidupan yang toleran, harmonis, bersatu dalam perbedaan," ujar AHY di Grha Sarina Vidi, Jalan Magelang, Kabupaten Sleman, Kamis (4/4).

AHY menyebut Indonesia merupakan negara majemuk. Sehingga jangan sampai terjadi pertentangan antara satu orang dengan orang lainnya karena masalah perbedaan identitas.

Putra sulung SBY ini berpesan agar para politisi harus mampu menjadi contoh bagi masyarakat. Para politisi, lanjut AHY untuk tak menggunakan isu perbedaan identitas untuk masalah politik.

"Para politisi juga harus menjadi contoh. Jangan mudah sekali menggunakan isu perbedaan identitas untuk mendapatkan keuntungan politik," saran AHY.

AHY menambahkan bahwa masyarakat seharusnya bisa hidup saling menghargai perbedaan. AHY pun meminta agar negara harus hadir dan tidak membiarkan warga negara Indonesia mengalami keterusikan karena perbedaan identitas.

"Saya menyerukan kepada semuanya mari sama-sama kita hidup bertenggang rasa, bertoleransi, sama-sama menghargai perbedaan, saling menghormati satu sama lain. Negara harus hadir menjamin seluruh warga negara hidup aman, nyaman, tenang di pekarangannya sendiri. Jangan sampai warga negara kita ada yang terusik karena perbedaan identitas," tegas AHY.

Baca juga:
Roy Suryo Juga Mengaku Nomor WhatsAppnya Diretas
Sambut AHY, Spanduk Unik 'Kepung' Sleman
Data Imelda dan Ferdinand Hutahean Diretas, AHY Yakin Koalisi Tetap Solid
Pemilu Tinggal 2 Pekan, AHY Pesan ke Kader 'Jelaskan Apa yang Dibawa Demokrat'
AHY Ingatkan Jaga Perdamaian dan Kerukunan di Tahun Politik
Reaksi Beragam Internal Kubu Prabowo soal Jatah Kursi Menteri

(mdk/cob)