Airlangga Sebut BJ Habibie Ingin Institut Teknologi Indonesia jadi PTN

PERISTIWA | 12 September 2019 16:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Airlangga Hartarto memiliki kedekatan emosional pada Presiden Ketiga RI, BJ Habibie sebagai sesama tokoh berasal dari Partai Golkar. Baginya, banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari sosok pria kelahiran Parepare itu.

Ada dua hal yang sering didiskusikan saat bertemu. Salah satunya tentang keberadaan Institut Teknologi Indonesia yang didirikan Habibie. Airlangga mengatakan, Habibie ingin Institut Teknologi Indonesia menjadi perguruan tinggi negeri.

"Beliau punya passion dua hal; satu terkait dengan perguruan tinggi. Beliau ikut membidani Institute Teknologi Indonesia yang berada di kawasan Puspiptek Serpong. Beliau ingin agar ini menjadi bagian dari perguruan tinggi negeri. Dan ini kami sudah bahasa dengan Menteri Ristek," ujarnya saat menghadiri pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (13/9).

Hal kedua yang juga sering didiskusikan bersama mendiang adalah industri dirgantara. Airlangga mengatakan dirgantara R80 telah diusulkan menjadi proyek strategis nasional.

"Jadi dua hal itu yang selalu menjadi bahasan dengan Pak Habibie," ujarnya.

Selain itu, katanya, Habibie juga sosok guru bangsa dan tokoh demokrasi. Wafatnya Habibie di usia 83 tahun cukup mengagetkan.

"Khusus Pak Habibie juga sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, jadi kaitan dan hubungan emosional kami dengan beliau sangat dekat," jelasnya.

Bagi Airlangga, mendiang Habibie juga seorang tokoh paket lengkap. Habibie, kata dia, seorang humanis, teknokrat dan paham politik.

"Kaitannya dengan teknologi beliau ingin, beliau mencontohkan di teknologi dirgantara tapi aplikasinya bisa di industri yang lain. Filosofi nilai tambah industri dan melibatkan tenaga kerja sumber daya nasional itu pelajaran yang perlu kita teladani," kata Menteri Perindustrian itu.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Bekas Rumah BJ Habibie di Parepare akan Dijadikan Museum
'Bapak Habibie yang Kami Sayangi, Selamat Jalan Menuju Surga Sebagai Tempat Kembali'
Presiden Jokowi dan Tokoh Nasional Berikan Penghormatan Saat Masuk TMP Kalibata
Meniru Semangat Belajar dan Pantang Menyerah BJ Habibie
BJ Habibie, Presiden RI Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata
Jokowi Kenang Pesawat Gatot Kaca Buatan Habibie Mengudara di HUT ke-50 RI
Jokowi Kutip Pesan BJ Habibie: Tanpa Cinta, Kecerdasan Itu Berbahaya

(mdk/lia)