Akhiri Konflik di Papua, Wapres Sebut Pemerintah Tak Pakai Lagi Pendekatan Keamanan

Akhiri Konflik di Papua, Wapres Sebut Pemerintah Tak Pakai Lagi Pendekatan Keamanan
PERISTIWA | 29 Januari 2020 18:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan pemerintah akan menyudahi pendekatan keamanan yang diterapkan untuk mendamaikan konflik di Papua. Menurut dia, pendekatan kesejahteraan lebih cocok diterapkan baik fisik mau pun non fisik.

"Pendekatan kesejahteraan itu seperti pendidikan, jalan, infrastruktur ya dan lain-lain," kata Wapres Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/1).

Ma'ruf menilai pendekatan keamanan sifatnya adalah kondisional. Sebab, pendekatan keamanan digunakan hanya untuk mendamaikan konflik situasi yang terganggu.

"Karena ada situasi yang khusus terganggu keamanannya, maka sementara memang harus dilakukan dengan cara pengamanan tapi sifatnya sementara. Kalau situasinya sudah kondusif maka tentu keamanan ini akan ditarik," jelas Wapres Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, gagasan disampaikannya juga disetujui Presiden Jokowi. Dia meyakini pada saatnya jika pendekatan keamanan di Papua dapat digantikan dengan pendekatan kesejahteraan.

"Saya kira presiden juga begitu, jadi hanya sementara bukan menyeluruh. Jadi penanganan Papua tetap penanganan adalah kesejahteraan. Kalaupun dilakukan terpaksa untuk membuat keadaan kondusif saja sifatnya," ujarnya.

Seperti diketahui, kondisi di Papua saat ini masih kerap diwarnai serangan kelompok kriminal bersenjata atau KKB. Tepatnya pada Minggu 26 Januari 2020, kontak senjata terjadi antara Polri dan KKB. Satu anggota KKB pimpinan Lekagak Talenggeng ditangkap dan satu lagi tewas.

"Satu meninggal dunia, satu lainnya diamankan setelah ditangkap masyarakat dan diserahkan ke aparat keamanan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra, di Bareskrim Polri, Senin (27/1).

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Hingga PON 2020 di Papua
Kapolda Papua: Ada Penganiayaan Masyarakat di Baku Tembak KKB
1 Anggota KKB di Papua Tewas Usai Baku Tembak dengan Aparat
Tak Seperti Jakarta, di Papua Mobil-Mobil 'Gagah' nan Mewah Ini Dijadikan Angkot
Wamen PUPR Ungkap Cerita yang Buat Jokowi Terus Ingat Bangun Indonesia Timur
Wapres Ma'ruf Amin: Papua Prioritas untuk Pemekaran Wilayah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5