Akses Internet 4 Kabupaten di Jayapura, Manokwari dan Sorong Masih Dibatasi

PERISTIWA | 11 September 2019 14:56 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat masih dilakukan. Terdapat 4 Kabupaten Kota di Jayapura yang belum dipulihkan.

"Kalau enggak salah tinggal 4 kabupaten kota, Jayapura kota sama kabupaten, terus Manokwari sama Sorong. Yang masih dibatasi, yang lain sudah tidak dibatasi," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Dia menilai beberapa daerah sudah cukup kondusif. Sebab itu beberapa wilayah sudah dibuka aksesnya.

"Ya kalau saya bisa simpulkan begitu, kalau enggak bagaimana teman-teman pihak keamanan yang lain juga maupun intelijen memberikan informasi merekomendasikan pengurangan dari kabupaten yang dibatasin," ungkap Rudiantara.

Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka kembali akses internet di Papua dan Papua Barat, beberapa hari lalu. Namun, masih ada enam wilayah di Papua yang akses internetnya masih belum dipulihkan.

Berdasarkan keterangan resminya, Selasa (10/9), belum dibukanya akses internet di enam wilayah tersebut lantaran situasi dan kondisi keamanan belum sepenuhnya kondusif.

Baca juga:
Kemkominfo sebut Buka Blokir Internet di Mimika dan Jayawijaya
Internet di 6 Wilayah Papua Ini Masih Diblokir
Dinilai Belum Kondusif, 6 Wilayah Papua & Papua Barat Masih Tak Bisa Akses Internet
Internet di Kabupaten Nabire dan Dogiyai Sudah Normal
Menkominfo Akui Belum Dapat Memastikan Akses Internet Papua Pulih Total

(mdk/eko)