Akses Internet Sejumlah Kabupaten di Papua Mulai Dipulihkan

PERISTIWA | 4 September 2019 15:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah mulai memulihkan jaringan internet di Papua. Hingga kini, akses internet di beberapa wilayah sudah dibuka.

"Ada beberapa kabupaten yang sudah dipulihkan kembali, dan ada beberapa kabupaten yg memang harus dievaluasi lagi secara komprehensif," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (4/9).

Dedi menerangkan, Kemenkominfo akan menginformasikan wilayah-wilayah mana saja yang akan dibuka blokiran internetnya lebih dulu. Tentu dengan mempertimbangkan rekomendasi dari TNI-Polri serta melihat situasi keamanan di Papua.

"Dari 19 Kabupaten di Papua, sebagian besar sudah mulai diaktifkan kembali, hanya sedikit saja yang perlu di evaluasi," tutup dia.

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, semuanya akan dikembalikan sebagaimana janjinya.

"Internet itu kan saya sudah janji internet kemudian penarikan pasukan. Kedua aktivitas ini kan ada satu reaksi karena ada aksi, kalau enggak ada aksi yang menimbulkan kerusuhan, suasana panas ini tidak akan ada pelemotan media sosial, enggak akan ada penambahan pasukan," kata Wiranto di Jakarta, Senin (2/9).

Dia mengatakan, pelemahan itu memang terpaksa dilakukannya. Wiranto kembali berjanji akan mengembalikan ke sedia kala, termasuk penarikan pasukan.

"Tetapi karena ada aktivitas itu terpaksa kita lakukan itu dan saya sudah janji berkali-kali akan kita tarik pasukan, akan kita kembalikan normal media sosial, agar aktivitas masyarakat bisa tidak terganggu," jelas Wiranto.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Menkominfo: Ada IP Address Penyebar Hoaks Lewat Twitter Salah Satunya di Eropa
Menkominfo Ralat Waktu Pembukaan Blokir Internet di Papua
Bertahap, Pembukaan Blokir Internet di Papua & Papua Barat Dilakukan Mulai Besok
Jika 5 September Sudah Sangat Kondusif, Internet di Papua Bakal Dibuka Lagi
Wiranto Janji Internet di Papua akan Dipulihkan dan Pasukan Ditarik

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.