Akses Menuju Garut Selatan Tertutup Longsoran Batu

Akses Menuju Garut Selatan Tertutup Longsoran Batu
PERISTIWA | 25 Februari 2020 18:49 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Material batu besar menutupi salah satu jalan yang menjadi akses utama menuju Garut Selatan melalui Cikajang, Selasa (25/2) sore. Kendaraan roda empat tidak bisa melintasi jalan tersebut. Satuan Lalulintas Polres Garut menutup sementara jalur tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menjelaskan, batu yang menutup jalan tersebut berada di Kampung Sodong, Desa Kramatwangi, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

"Hujan besar sejak siang menyebabkan longsor batu di wilayah tersebut sekitar pukul 15.50. akibatnya akses menuju wilayah Garut Selatan, mulai Cihurip, Cisompet, Pameungpeuk dan setelahnya tertutup atau tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat atau lebih," ujarnya.

Tubagus menyebut kendaraan yang bisa melintasi hanyalah kendaraan roda dua. Namun dia tetap mengimbau pengendara agar waspada karena longsor batu susulan sangat mungkin terjadi kembali.

Saat ini pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, TNI, dan Polri sedang menanggulangi longsor batuan tersebut. Batu yang jatuh ke jalan ukurannya sangat besar, sehingga harus menggunakan alat berat dipindahkannya atau dipecah terlebih dahulu.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Luna Aviantrini menyebut bahwa pihaknya sudah mengerahkan alat berat menuju lokasi longsor bebatuan di wilayah Kecamatan Cikajang. "Kita akan lakukan proses evakuasi secepatnya agar bisa dilintasi secara normal oleh kendaraan roda dua dan empat," ucapnya.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Garut, AKP Asep Nugraha mengungkapkan pasca terjadinya longsor di wilayah Cikajang, pihaknya langsung menutup jalur tersebut untuk kendaraan roda empat dan lebih.

"Untuk kendaraan roda empat yang mengarah ke Pameungpeuk dan sekitarnya kita arahkan agar melalui jalur lain yaitu melalui Pakenjeng/Bungbulang. Kalau mau menanti proses pembersihan, kita sarankan agar berhenti di tempat yang aman karena mungkin proses pembersihannya tidak sebentar," ungkapnya.

Di musim hujan, Jalan Cikajang-Pameungpeuk merupakan salah satu daerah rawan bencana di Kabupaten Garut.

"Pengendara harus selalu waspada saat melintas jalan ini karena sering terjadi longsor apalagi jika intensitas hujan tinggi," tutupnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Dua Penambang di Lereng Merapi Tewas Tertimbun Longsor
Tebing di Limbangan Garut Longsor Akibat Gempa Bermagnitudo 4,9
Mensos Akui Penyaluran Bantuan Korban Bencana di Bogor Terkendala Aturan
73 Warga Garut Mengungsi Akibat Rumah Terdampak Longsor
Seorang Warga Garut Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor
Longsor di Bogor, Satu Keluarga Tewas Tertimpa Rumah Ambruk

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami