Aksi Lasmidi Tipu 36 Pedagang Bawang di Nganjuk Sebesar Rp2,5 Miliar

PERISTIWA | 19 November 2019 14:04 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Pelaku penipuan terhadap para pedagang bawang merah di Pasar Sukomoro, Kabupaten Nganjuk diringkus polisi. Tersangka bernama Lasmidi (33) warga Dusun Pojok, Desa Pojok, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto mengatakan, tersangka ditangkap setelah polisi mendapat laporan dari para korbannya. Ada 36 pedagang bawang merah yang melapor, baik ke Polsek Sukomoro maupun Polres Nganjuk.

"Data tersebut merupakan hasil laporan dari Polsek Sukomoro dan Satreskrim Polres Nganjuk," tuturnya, Selasa (19/11).

Dari laporan itu, omset total kerugian para korban mencapai Rp2,5 miliar. Menurut Kapolres, tersangka telah menjalani bisnis pembelian bawang merah sejak tahun 2008 lalu.

"Namun dalam dua bulan terakhir, pelaku melakukan penipuan," ungkap Kapolres.

Adapun modusnya, tersangka membeli bawang merah di sentra bawang merah di Pasar Sukomoro tidak dengan cara membayar tunai, namun dijanjikan dibayar pada kemudian hari.

"Hingga janji yang ditentukan, hasil penjualan tidak dibayar. Kemudian para korbannya melapor ke polisi," ujarnya.

Barang bukti yang disita, di antaranya mobil Honda Jazz nopol H 8762 MZ, 1 unit sepeda motor nopol AE 3572 WZ, 1 unit TV, 1 set power dan sound, 1 mesin cuci, 2 kalung emas, uang tunai sebesar Rp88.447.500, serta ponsel. Barang bukti yang disita diduga dibeli dari hasil uang penipuan.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 379a KUHP, yakni barang siapa membuat pencahariannya atau kebiasaannya membeli barang-barang dengan maksud supaya ia sendiri atau orang lain mendapat barang-barang itu dengan tidak melunaskan sama sekali pembayarannya, dihukum penjara selama-lamanya empat tahun.

"Kami akan terus mengembangkan untuk mencari barang bukti yang lain," pungkas Kapolres. (mdk/cob)

Baca juga:
Kasus Penipuan Online Marak di Bali, Ada Modus Jual iPhone X Rp5 Juta
Anggota DPRD Kota Pekanbaru Bantah Kena Tipu Rp500 Juta
Sertifikat Tak Kunjung Beres, Notaris di Bondowoso Jadi Tersangka Penipuan
Mengaku Perwira Polisi, Napi Tipu Perempuan Anggota DPRD Pekanbaru Rp500 Juta
Polisi Tetapkan 4 Tersangka Baru Kasus Akumobil
Total Aset Bos Akumobil Disita Polisi Capai Rp3,5 miliar

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.