Aksi Polisi di Palembang Turun Tangan Gali Makam untuk Jenazah Pasien Covid-19

Aksi Polisi di Palembang Turun Tangan Gali Makam untuk Jenazah Pasien Covid-19
PERISTIWA | 24 Mei 2020 22:38 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Awan mulai hitam. Suara gemuruh pertanda akan turun hujan terdengar bersahutan. Tetapi, semangat menggali makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandus Hills Pulo Kerto Gandus, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), harus selesai hari itu, Jumat (22/5).

Petugas pemakaman bergotong royong menyiapkan tempat peristirahatan terakhir pasien positif Corona Covid-19 yang meninggal dunia. Kepolisian dari Satuan Sabhara Polrestabes Palembang Sumsel turun tangan membantu agar proses penggalian rampung sebelum hujan turun.

Kasat Sabhara Polrestabes Palembang, AKBP Sonny Triyanto, dengan seragam lengkapnya sigap turun ke liang lahat. Dia dibantu anggotanya.

Sonny menceritakan, awalnya mereka hanya bertugas mengawal pemakaman jenazah pasien Covid-19 sesuai standar protokol Covid-19 sampai ke TPU Gandus Hills Palembang. Tetapi karena cuaca memperlihatkan akan turun hujan, dia berharap proses pemakaman segera selesai.

"Saya langsung bilang ke anggota saya, kita bantu saja petugas makam ini. Lalu kami mengambil Alat Pelindung Diri (APD) dari dalam mobil patroli Sabhara Polrestabes Palembang," ujarnya, Sabtu (23/5).

akbp sonny triyanto gali liang lahat untuk jenazah covid 19

1 dari 1 halaman

Sonny menggunakan masker, kacamata dan sarung tangan, Sonny beserta sejumlah anggota Sat Sabhara Polrestabes Palembang langsung menggali dua lubang kubur.

Tanpa memandang pekerjaan apa yang dilakukannya, Sonny dan anggotanya dengan telaten menggali tanah kuburan dengan cangkul dan sekop.

Sonny juga tak menghiraukan baju polisi kebesarannya akan kotor oleh tanah pemakaman. Dia hanya memprioritaskan, pekerjaan ini selesai sebelum hujan mengguyur kawasan tersebut.

Menurutnya, ini adalah salah satu maklumat dari Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jendral Pol Idham Azis, agar anggota polisi turut membantu prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19.

"Apalagi di bulan Ramadan ini, kita harus saling membantu. Melihat petugas sudah kelelahan, tapi lubang harus segera digali, makanya kita bantu," katanya.

Setelah menggali lubang kubur, para personel Sat Sabhara Polrestabes Palembang langsung menggunakan pakaian Hazmat lengkap, dan turut serta memasukkan peti jenazah ke dalam liang lahat.

Meskipun lelah terasa di tengah mempertahankan ibadah puasanya, AKBP Sonny Triyanto dan anggotanya terus menggali tanah makam dan menyelesaikan pekerjaannya itu.

Reporter: Nefri Inge
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Ratusan Kendaraan Diminta Putar Balik Saat akan Masuk Tol Ruas Palembang-Kayuagung
Keluarga Diciduk Polisi, Warga Palembang Sandera Tetangga & Minta Tebusan Rp30 Juta
Tiga Daerah di Riau Dinyatakan Bebas Penularan Covid-19
Diterjang Hujan & Angin Kencang, Puluhan Pohon Serta Baliho di Palembang Roboh
Rajin Olahraga, Wanita Hamil 8 Bulan di Palembang Sembuh dari Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5