Akun WhatsApp Kapolres Bangka Tengah Dibajak untuk Modus Penipuan

Akun WhatsApp Kapolres Bangka Tengah Dibajak untuk Modus Penipuan
Kapolresta Bangka Tengah. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 2 Maret 2021 03:02 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Akun WhatsApp Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo dibajak orang tidak dikenal untuk kepentingan penipuan dengan modus meminjam sejumlah uang.

"Saya sampaikan kepada siapa saja mendapatkan pesan WhatsApp (WA) yang muncul nama saya, perlu saya klarifikasi bahwa itu bukan saya tetapi saat itu akun WhatsApp saya dibajak atau di-hacker orang tidak dikenal," ujar Slamet di Koba, Senin (1/3).

Dia menjelaskan bahwa modus penipuan dengan bahasa meminjam uang tersebut berawal dirinya mendapat pesan elektronik untuk mengaktivasikan kembali akun WA.

"Saat saya ikuti perintah oke, muncul kode dan kode tersebut dimasukkan ke dalam aktivasi. Setelah dimasukkan kode tersebut ke dalam aktivasi, akun WhatsApp langsung berpindah dengan nomor telepon dan profil akun langsung lengket kepada orang tidak dikenal tersebut," ujar dia.

Modus demikian, kata dia, digunakan orang tidak dikenal dengan memakai nomor telepon dan profil akun WA dirinya untuk melakukan penipuan meminjam uang.

"Pelaku berhubungan dengan orang lain atas nama saya karena akun WA lengkap dengan foto profil sudah mereka bajak dan dikuasai," kata dia.

Dia mengimbau kepada siapa saja untuk lebih hati-hati modus penipuan dengan membajak akun WA.

"Saya saat mengetahui akun saya dibajak, langsung saya telepon sejumlah orang untuk tidak percaya dengan pesan WhatsApp mengatasnamakan dirinya karena itu tidak benar dan murni penipuan," ujarnya.

Saat ini, kata dia, akun WA-nya sudah kembali normal dan kembali bisa berkomunikasi dengan normal tanpa ada pembajakan. "Pada hari Minggu (28/2) akun saya dibajak hanya berlangsung beberapa jam saja, cepat saya urus dan sekarang sudah kembali normal," tandasnya. Dikutip Antara. (mdk/gil)

Baca juga:
Waspada Penipuan Berkedok SMS Undian Harapan
Penipuan Lewat Instagram Naik Lebih Dari 50 Persen di Inggris
Penipu Mengaku Stafsus Kemenag Tawarkan Bantuan ke Pesantren di Tasikmalaya
Tipu 12 Sopir Mobil Rental, Pasangan di Kupang Ditangkap
Waspada Penipuan Catut Nama Ketua DPRD Jember Modus Beri Sumbangan ke Pesantren
CEK FAKTA: Waspada Pesan WhatsApp Catut Bupati Jember Terpilih Bagikan Sumbangan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami