Alasan Jokowi Tunjuk Dokter Terawan jadi Menkes: Beliau Ketua Dokter Militer Dunia

PERISTIWA | 24 Oktober 2019 19:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk dr Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Selama ini, dr Terawan menjabat kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto.

Jokowi memiliki alasan menunjuk dr Terawan sebagai pengganti Nila Moeloek. Dia menilai dr Terawan seorang pemimpin yang mampu mengelola Kementerian Kesehatan dengan baik dengan pengalaman yang dia miliki.

"Menteri ini lebih titik beratnya kepada pengelolaan, lebih kepada manajemen. Baik itu manajemen anggaran, baik manajemen personalianya yang ada di Kementerian Kesehatan, baik manajemen mendistribusikan anggaran yang benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Jokowi saat bertemu awak media di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (24/10).

"Sehingga menterinya harus memiliki pengalaman manajemen yang baik. Saya melihat Dokter Terawan dalam mengelola RSPAD memiliki kemampuan itu," sambung Jokowi.

Selain itu, latar belakang militer Dokter Terawan juga menjadi salah satu alasan Jokowi. Rekam jejak itulah yang membuat sangat yakin dr Terawan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik mungkin.

"Beliau juga ketua dokter militer dunia, artinya, pengalaman beliau, track record beliau tidak diragukan juga termasuk pengalaman di lapangan menghadapi bencana dan ancaman-ancaman endemik karena kita ini selalu berada pada posisi bencana, ancaman endemik itu di Indonesia masih ada," katanya.

"Dan yang saya lihat, waktu beberapa kali saya undang, orientasinya adalah preventif, itu yang lebih dititik beratkan. Artinya, berkaitan dengan hidup yang sehat, pola makan sehat, olahraga yang sehat, bukan titik beratnya pada mengurusi yang telah sakit, membuat rakyat kita sehat," jelas Jokowi. (mdk/lia)

Baca juga:
VLOG: Pesan Tegas Presiden Jokowi untuk Para Menteri
Jokowi Ungkap Alasan Pilih Prabowo Subianto jadi Menhan
WALHI Sebut Jokowi Tak Serius Tangani Masalah Lingkungan
Akomodir yang Belum Terwadahi, Jokowi Godok Posisi Wakil Menteri
Megawati Minta Gibran Banyak Baca Buku Tentang Bung Karno
Sandiaga Soal Prabowo Gabung Kabinet: Kontestasi Sudah Selesai
Mahfud MD: Presiden Jokowi Beri Menko Hak Veto Kebijakan Menteri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.