Alasan Pemerintah Larang Mudik: Menurunkan Serendah-rendahnya Penyebaran Covid-19

Alasan Pemerintah Larang Mudik: Menurunkan Serendah-rendahnya Penyebaran Covid-19
mudik. ©2012 Merdeka.com
PERISTIWA | 5 Mei 2021 11:22 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, menjelaskan kenapa pemerintah berkali-kali mengingatkan masyarakat tidak mudik Lebaran 2021. Menurutnya, imbauan itu tak lain untuk memastikan Indonesia bisa berhasil menangani pandemi Covid-19 yang sudah memakan banyak korban jiwa.

"Berulang kali pelarangan bertujuan satu memastikan bahwa Indonesia berhasil menangani pandemi covid-19, untuk menurunkan serendah-rendahnya penyebaran virus covid-19," katanya Jhonny dalam diskusi 'Jaga Keluarga Tidak Mudik' dalam akun YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (5/5).

Menurutnya, pemerintah punya harapan di momen Ramadan dan Lebaran kali ini, Indonesia tetap bisa mengatasi pandemi. Salah satu caranya, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan kekat, sehingga tidak terjadi kembali lonjakan kasus.

"Tahun ini dengan semua pelajaran, Presiden mengambil langkah-langkah yang tepat dan tegas tujuannya satu menyelesaikan memperkecil potensi virus Covid-19, langkah ini adalah langkah bersama-sama," bebernya.

Sebab itulah, pihaknya bersama KPCPEN, dan bekerja sama dengan satgas menyiapkan kanal-kanal komunikatif. Mulai dari tv, radio, sms, hingga komunikasi vitrual. Sehingga masyarakat dapat berkomunikasi dan merayakan lebaran dengan suka cita.

"Masyarakat perlu tahu jangan sampai berpandangan bahwa Covid-19 ini virus biasa-biasa saja, tidak. Virus ini sangat membahayakan harus kita selesaikan dengan bekerja bersama-sama melalui pertama melaksanakan prokes secara ketat, pemerintah terus ambil peran, dengan 3T tetapi memakai masker, mencuci tangan itu harus dilakukan, memasuki situasi tahunan potensi mengumpulnya masyarakat cara satu-satunya hindarilah bepergian," tegas Jhony. (mdk/lia)

Baca juga:
Tes GeNose C19 Bagi Penumpang di Pelabuhan Merak
Titik Penyekatan Aktif Malam Ini, Polri Minta Masyarakat Tak Kucing-Kucingan Mudik
Larangan Mudik Cegah Kenaikan Kasus Positif Covid-19 Saat Libur Panjang
Cegah Pemudik, Polisi Jaga Ketat Jalur Tikus di Bali
Buka Posko Monitoring, Ini Kesiapan Bandara Kualanamu di Masa Peniadaan Mudik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami