Alasan Pemerintah Prioritaskan Masalah Kesehatan Dibanding Perekonomian

Alasan Pemerintah Prioritaskan Masalah Kesehatan Dibanding Perekonomian
Presiden Jokowi disuntik vaksin Covid-19. ©Agus Suparto/Indonesian Presidential Palace/Handout via REUTERS
PERISTIWA | 6 Mei 2021 13:49 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Lonjakan kasus aktif Covid-19 di sejumlah negara menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia. Utamanya adalah masalah kesehatan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, masalah kesehatan menjadi prioritas utama yang terus ditangani oleh pemerintah. Sebab jika pemerintah bisa kendalikan kesehatan, kepercayaan terhadap masyarakat akan muncul. Pada akhirnya ekonomi bisa mulai bangkit kembali.

"Pelajarannya memang yang penting bagaimana bisa membuat masyarakat confident, kesehatan dijaga makanya program vaksinasi sangat penting dan terus kita dorong," katanya dalam dialog Kabar Penyerapan Dana PEN 2021, Kamis (6/5).

Dia mencontohkan, beberapa negara seperti India, Malaysia, dan Thailand menunjukan peningkatan kasus aktif harian yang meningkat. Itu terjadi karena lemahnya protokol kesehatan yang dilakukan negara-negara tersebut.

Sementara Pemerintah Indonesia sendiri, meski kasus aktif harian mencatatkan tren membaik namun masalah protokol kesehatan tetap nomor satu. Hal itu ditandai dari berabagai kebijakan mulai dari pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro hingga pelarangan mudik lebaran.

"Jadi ini hal-hal jadi pelajaran, di mana kita tetap buat keseimbangan antara jaga kesehatan dan tetap beraktivitas, pelajaran banyak kita peroleh dari negara negara lain dan bagaimana kita atasi perekonomian," jelasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Klaster Pertemuan Ibu-ibu Ditemukan di Depok
Keluarga Pasien Covid-19 Laporkan Rumah Sakit di Tasikmalaya ke Polisi
Sempat Coba Kabur, Pasien Covid-19 di RSUD Ade M Djoen Sintang Meninggal Dunia
5.285 Kasus Baru Covid-19, Jawa Barat dan Jakarta Tertinggi
Doni Monardo Imbau Seluruh Pihak Tak Membuat Kasus Aktif Covid-19 di Daerah Bertambah
Pemkot Mataram Ancam Tutup Lokasi Perbelanjaan Abai Protokol Kesehatan

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami