Alat Pemantau Gunung Sumbing Gangguan, Saat Dicek Aki Hilang Diduga Dicuri

Alat Pemantau Gunung Sumbing Gangguan, Saat Dicek Aki Hilang Diduga Dicuri
Alat pemantau kegempaan di Gunung Sumbing. Antara
NEWS | 16 Januari 2022 00:31 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Alat pemantau Gunung Api Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Barat rusak atau mengalami gangguan. Saat dicek, ternyata aki hilang diduga dicuri orang.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sindoro-Sumbing, di Desa Gentingsari, Bansari, Temanggung, Warseno menuturkan bahwa perlengkapan seismik yang hilang itu adalah aki atau baterai di Stasiun Cedokan, Desa legoksari, Kecamatan Tlogomulyo yang berada di sisi timur Gunung Sumbing.

Alat pemantau Gunung Sumbing yang dipasang pada tanggal 30 Agustus 2021 pada tanggal 12 Januari 2022 mengalami gangguan. Data di lapangan tidak bisa terpantau di monitor.

"Dengan harapan pada tanggal 13 Januari 2022 gangguan alat tersebut bisa pulih kembali. Maka kami tunggu dan ternyata tetap tidak bisa, kemudian pada tanggal 14 Januari 2022 kami mengecek ke lapangan ternyata aki sudah hilang," kata Warseno, Sabtu (15/1). Dikutip dari Antara.

Alat yang ditanam dalam boks dengan kedalaman sekitar 1 meter tersebut, menurut dia, kondisinya sudah dibongkar dan aki tidak ada.

Dengan hilangnya salah satu komponen tersebut, menurut dia, pemantauan Gunung Sumbing agak kurang akurat karena kini hanya mengandalkan satu stasiun di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung.

"Alat tersebut untuk memantau aktivitas kegempaan gunung api. Alat ini sangat penting sebagai referensi atau data utama pada sistem pemantauan gunung api," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya berencana akan mengganti aki yang hilang itu dengan yang baru. Setelah itu, ditanam di dalam boks secara permanen demi keamanan alat tersebut.

"Keamanannya ditingkatkan lagi, ditanam dengan permanen, dibuatkan boks dari cor dan digembok. Hilangnya bagian alat pemantau Gunung Sumbing ini baru kali ini terjadi," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Raup Untung Hingga Puluhan Juta, Begini Modus Pencurian Sapi di Banyumas
Wanita Kejang dengan Mulut Berbusa di Hotel Tangerang Tewas Karena Sakit
Polisi Tetapkan Teman Kamar Wanita Tewas di Hotel Tersangka Pencurian
Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil dan 3 Penadah di Kediri Ditangkap Polisi
Gaji Tidak Dibayar, Seorang Pria di Bali Curi Barang-Barang Vila

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami