Alexander Marwata Bakal Tertibkan Wadah Pegawai KPK

PERISTIWA | 16 September 2019 16:13 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Pimpinan KPK 2019-2023, Alexander Marwata mengatakan, bakal menertibkan Wadah Pegawai agar kembali ke fungsi awalnya. Alex menilai, Wadah Pegawai KPK seperti juru bicara mengatasnamakan lembaga di depan publik.

Alex yang juga pimpinan KPK periode 2015-2019, mengatakan tidak bisa sembarang bicara seolah-olah sikap resmi KPK.

"Ini seolah-olah di KPK kan jadi jubir, kan begitu. Ke depan harus kita tertibkan itu. Siapa yang boleh bicara mengatasnamakan lembaga, repot nanti kalau semua orang bisa bicara," kata Alex di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/9).

Menurut Alex, hanya juru bicara yang punya tugas bicara ke publik dan media. Juru bicara juga tidak sembarangan karena harus sepengetahuan pimpinan KPK.

"Dia enggak bisa bicara misalnya tanpa sepengetahuan pimpinan, karena pimpinan harus tahu apa yang disampaikan jubir karena dia mengatasnamakan pimpinan lembaga," kata dia.

Menurut Alex, keberadaan Wadah Pegawai sudah melenceng, tidak bisa organ tersebut dibiarkan begitu saja. Sebab, ada Peraturan Pemerintah Nomor 63 tahun 2005 tentang SDM KPK. Alex mengatakan, fungsinya dibentuk wadah KPK untuk menjembatani komunikasi pegawai dengan komisioner.

"Sepanjang peraturan pemerintahnya masih menyatakan bahwa unsur SDM KPK ada di dalamnya, ada wadah pegawai, ya enggak bisa kita bubarkan. Harus kita lihat peraturannya," tandasnya.

Baca juga:
Pimpinan KPK Terpilih Periode 2019-2023 Disahkan DPR
Alexander Marwata Sebut Pimpinan Baru KPK Selalu Diragukan Masyarakat
PPP Pesan ke Ketua KPK Firli: Close to Your Friend, but Closer to Your Enemy
Rapat Paripurna DPR Sahkan Lima Pimpinan KPK Periode 2019-2023
VIDEO: Jokowi Minta Publik Kawal Revisi UU KPK
Revisi UU KPK, Penunjukkan Dewan Pengawas Belum Disepakati DPR

(mdk/did)