Alwi Shihab Dorong Tokoh Islam Negara Arab Aktif Menyiarkan Islam Moderat

PERISTIWA | 16 Agustus 2019 21:03 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Direktur Jenderal Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) Alwi Shihab berharap agar para tokoh Islam dari negara-negara Arab menyampaikan tentang Islam moderat kepada masyarakat di Indonesia.

Dalam satu diskusi yang diselenggarakan oleh Gerakan Suluh Kebangsaan di Hotel JS Luwansa, Alwi mengatakan, harapan sikap aktif tokoh Islam dari negara-negara Arab. Pasalnya para kelompok radikal kerap 'meracuni' pemahaman masyarakat bahwa ideologi Pancasila bermakna anti Islam.

Selain itu, para kelompok radikal juga selalu berdalih tindakan mereka mengacu para tokoh-tokoh Islam di negeri Arab. Sementara para tokoh Islam di Indonesia hanya sekadar tiruan, akrab disebut KW. Tindakan ini memanfaatkan masyarakat Indonesia yang mudah terprovokasi.

"Pancasila enggak bertentangan dengan Islam dan pandangan-pandangan radikal yang anggap Pancasila anti Islam itu tidak benar," kata Alwi, Jakarta, Jumat (16/8).

Untuk memberantas pandangan tersebut, dia mengungkapkan, tidak bisa hanya dilakukan oleh tokoh-tokoh Islam di Indonesia. Sebab, Alwi menilai, diperlukan penyampaian pandangan dari tokoh agam di Arab.

"Jadi kami datangkan apa yang dianggap KW 1 itu dan membantah apa yang mereka sebarluaskan di masyarakat kita," tutupnya.

Baca juga:
Kekeringan, Umat Muslim India Salat Memohon Hujan
Damai Dengar Lantunan Alquran, Pejabat di Sampang Akhirnya Masuk Islam
Fakta Menarik Deddy Corbuzier Usai Mualaf
Pemerintah Berencana Perketat Seleksi PNS dan TNI Terkait Radikalisme
Deddy Corbuzier Resmi Jadi Mualaf Dibanjiri Ucapan Selamat dari Rekan Artis

(mdk/fik)