Amnesty International nilai demokrasi Indonesia masih rapuh

Amnesty International nilai demokrasi Indonesia masih rapuh
Usman Hamid. ©2017 merdeka.com/rizky andwika
PERISTIWA | 4 Oktober 2017 22:01 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Direktur Amnesty International Usman Hamid mengatakan, ada yang salah dari sistem demokrasi Indonesia saat ini. Menurut dia, demokrasi saat ini sangat rapuh di mana banyak elit-elit politik yang memanfaatkannya untuk memecah belah kesatuan dengan berbagai macam cara.

Dia mengatakan, ini dapat dilihat saat pemilu Pilkada DKI Jakarta. Banyak elit yang menggunakan politik identitas untuk membelah kondisi masyarakat berdasarkan agama, suku, dan seterusnya.

"Masih terpengaruh pembelahan sosial berdasarkan kebijakan agama dan suku sehingga banyak di antara mereka kan belum puas pada Ahok tidak mau memilih Ahok karena dia non muslim misalnya," kata Usman Hamid di Jakarta, Rabu (4/10).

Dia menambahkan, demokrasi rapuh karena ada pergeseran-pergeseran illiberal yang tertuang dalam berbagai bentuk. Dia mencontohkan diskriminasi dalam kelompok minoritas seperti Ahmadiyah, kemudian isu terkait kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Usman melanjutkan, ditingkat para pemilih isu Hak Asasi Manusia terkesan disampingkan. Pemilih saat ini lebih tertarik pada isu ekonomi dibandingkan isu HAM.

Menurut dia, isu HAM ini juga sangat penting dalam demokrasi Indonesia karena menyangkut kesejahteraan masyarakat, menyangkut hak asasi pekerjaan. Untuk itu perlu pencerahan dari semua lini mulai dari elit politik sampai warga sipil agar demokrasi Indonesia sesuai dengan koridor yang ada tanpa diskriminasi satu sama lain.

"Misalnya para aktivisnya, para wartawannya yang mungki belum cukup memberikan semacam pendidikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat secara luas. Atau juga ada solusi menghadirkan alternatif politik saya kira juga itu penting," pungkasnya. (mdk/gil)

Baca juga:

Festival Nasi Indonesia, Sajikan Menu Masakan Khas Daerah Berbasis Nasi

Kementan sebut Indonesia urutan 4 negara termiskin di dunia

Permainan Bio Pauline standar

Pelatih belum pasti, timnas rencanakan uji coba lawan raksasa afrika

Msbi optimis indonesia gantikan qatar sebagai tuan rumah piala dunia 2022

Msbi: indonesia sebenarnya sudah lolos tahap penjaringan tuan rumah pd 2022

Kalahkan Israel, Indonesia nomor satu bangsa trilingual di dunia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami